Ternak Sapi Di Lhokseumawe Bebas Penyakit


Ilustrasi
Lhokseumawe, 11/2 (Atjeh Bisnis)- Ternak sapi di Kota Lhokseumawe, bebas dari adanya penyakit berbahaya pada sapi. Bebasnya berbagai penyakit pada hewan ternak tersebut, dikarenakan belum ada ancaman serius terhadap hewan ternak dimaksud diwilayah Kota Lhokseumawe.
Ungkap Kadis Kelautan Peternakan dan Pertanian (DKPP) Kota lhokseumawe Rizal, Rabu, kepada Atjeh Bisnis.
Disebutkannya, meksipun ada jenis penyakit yang mematikan bagi sapi dan kerbau tersebut, namun berhasil dihilangkan karena adanya kerjasama antara peternak dan instansi terkait dalam menangani berbagai persoalan terhadap kesehatan ternak selama ini di wilayah Lhokseumawe.
Selain daripada itu, pihaknya juga melakukan pemberian vaksin bagi ternak untuk jenis penyakit seperti penyakit mulut dan kuku (PMK), sapi ngorok dan lainsebagainya, secara berkala dalam setahun ada dua kali. Serta melakukan karantina terlebih dahulu terhadap ternak sapi yang didatangkan dari luar daerah apabila hendak dikembangbiakkan pada sejumlah kelompok usaha ternak milik masyarakat.

“Untuk ini, kita juga melakukan kerjasama dengan para kelompok usaha perternakan. Agar sapi-sapi yang didatangkan dari luar daerah dikarantina terlebih dahulu sebelum dilepaskan kedalam kelompok sapi lainnya, agar tidak terinfeksi virus pada sapi lainnya.  Dengan berbagai upaya yang dilakukan itu, diharapkan dapat meminimalisir penyebaran penyakit pada hewan ternak sapi atau sejenisnya diwilayah Kota Lhokseumawe,” terang Rizal. (muchlis)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini