Tingkatkan Hasil Budidaya Tambak, Tanaman Manggrove Harus Di Lindungi


Ilustrasi
Aceh Utara, 10/2 (Atjeh Bisnis)- Untuk meningkatkan hasil budidaya pertambakan, tanaman Manggrove harus dilindungi. Karena dengan melindungi salah satu tanaman pantai tersebut, maka biota hidup daerah pesisir akan lebih baik.

Anggota DPRK Aceh Utara H.Ismed Nur Aj.Hasan, Selasa, kepada Atjeh Bisnis mengatakan, fungsi dari tanaman bakau sangat menunjang terhadap keberhasilan berbagai jenis budidaya pertambakan.  Baik dari jenis ikan maupun udang.

Karena menurutnya, saat ini banyak batang bakau yang ada di dalam areal pesisir dan kawasan pertambakan, ditebang dengan berbagai alasan . Akibatnya, keseimbangan ekosistem air yang ada di tambak menjadi tidak seimbang lagi. Sehingga, ikan ataupun jenis lainnya menjadi terganggu yang berdampak pada penurunan produksi.

“Hal itu, banyak dilakukan petani tambak karena menggangap bahwa banyaknya tanaman bakau menjadi tambak tidak bersih. Padahal tidak demikian adanya jika ditinjau dari segi keseimbangan ekosistem,” ujar Ismed.

Lanjutnya lagi, akar tanaman bakau mempunyai fungsi ganda. Dimana selain mampu menyerap sisa racun akibat penggunaan pestisida ataupun pupuk kimia. Juga pada akarnya menyediakan pakan alami bagi hewan air. Serta akarnya, bisa menjadi sebagai tempat bertelurnya beberapa jenis ikan ataupun udang. Belum lagi keberadaan batangnya bisa sebagai tempat ikan atau udang mencari perlindungan dari perubahan suhu air didalam tambak.

Mengingat banyaknya manfaat dari adanya batang bakau di dalam areal pertambakan. Dirinya  sangat mengharapkan kepada petani tambak agar mau menanam pohon bakau ditambaknya. Penanaman itu dapat dilakukan secara teratur dan mempunyai jarak yang bagus.

“Pohon bakau ini sangat banyak manfaatnya, mulai dari menyediakan pakan alami, bisa menjadi tempat bertelurnya ikan-ikan. Sebagai perlindungan dari perubahan suhu dan juga menjaga ekosistem hewan air dan lain sebagainya,” jelas anggota dewan Aceh Utara ini lagi.

Sebagai contoh, lanjut Ismed, di beberapa daerah sentra pertambakan di Aceh Utara. Seperti, di Kecamatan Samudra dan Baktiya Barat, yang didalam tambaknya masih ada pohon bakau. Hasil produksi ikan atau udang budidaya, jauh lebih baik banyak dari areal tambak yang tidak memiliki pohon bakau.  (Muchlis)


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini