Dewan: Lahan Persawahan Produktif Di Aceh Utara Harus Dilindungi

Foto; Fachrul Reza

Lhokseumawe, 4/3 (Atjeh Bisnis)- Lahan persawahan produktif di Kabupaten Aceh Utara, harus tetap dipertahankan fungsinya sebagai lahan pertanian. Pasalnya, areal persawahan di Kabupaten Aceh Utara, ada yang sudah berubah fungsinya menjadi lahan pembangunan.

Anggota DPRK Aceh Utara H.Ismed Nur Aj.Hasan, Rabu mengatakan, sejumlah lahan persawahan produktif di wilayah Aceh Utara, ada yang sudah dialihfungsikan oleh pemiliknya menjadi bentuk lain. Seperti pertokoan, perumahan, SPBU dan lain sebagainya.

Umumnya lahan persawahan yang sudah dialihfungsikan oleh pemiliknya terletak dipinggir jalan besar, jalan strategis dan disejumlah lokasi yang dianggap  strategis. Namun ironinya, banyak lahan dimaksud merupakan lahan produktif.

Disebutkan oleh Ismed, dalan setahun lahan persawahan yang menyusut di Aceh Utara, mencapai Satu Persen dari total lahan persawahan yang ada. Jika dalam satu Hektare menghasilkan gabah sebanyak Enam Ton, maka dalam setahun berapa Ton gabah yang menyusut?, ungkap Ismed dengan nada tanya.


Oleh karena itu, sangat diharapkan supaya lahan persawahan jangan dialihfungsikan menjadi lahan lain. Karena hal tersebut, mengancam keamanan pangan secara jangka panjang. Dimana, untuk kedepan jumlah populasi manusia semakin banyak, yang membutuhkan bahan pangan dalam jumlah banyak. Sementara jumlah areal persawahan semakin menyusut, ujar Ismed lagi.(Muchlis)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini