Harga Komoditi Pinang Di Aceh Utara Kembali Stabil

Ilustrasi

Aceh Utara, 4/3 (Atjeh Bisnis)- Harga komoditi pinang di tingkat petani diwilayah Aceh Utara, dalam sepekan terakhir berlangsung stabil. Sementara hasil produksi pinang oleh petani cenderung turun dibandingkan beberapa waktu lalu.      
        
Nurdin, salah seorang pedagang pengepul komoditi pertanian di Gampong Teungoh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, mengungkapkan, harga pinang berlangsung stabil. Akan tetapi harganya disesuaikan dengan kondisi pinang.  Untuk jenis pinang kering dibeli dengan harga Rp 12,5 ribu/kg, sedangkan pinang basah Rp 8.000/kg.

Sangat diharapkan, harga pinang dapat melonjak  kembali, karena dengan kondisi harga yang sekarang masih belum sebanding dengan tingginya harga berbagai kebutuhan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

Nurdin menambahkan, dirinya membeli komoditi pertanian dari petani berdasarkan harga pasaran. Dengan demikian, ia mendapatkan sedikit keuntungan dari usaha dan jerih payahnya menjadi pegepul pinang.

“Kalau adaya kenaikan harga sudah pasti kita membeli pinang petani dengan harga yang tinggi, tetapi untuk saat ini harganya masih stabil, sehingga kita sesuaikan dengan kondisi harga yang ada”ujarnya.

 Ia bersama pengepul lainnya setiap hari berkeliling membeli pinang di sejumlah daerah pedesaan dalam Kecamatan Sawang, Nisam, dan Nisam Antara dan bila tidak mencukupi kebutuhan untuk pengiriman keluar daerah. Maka terpaksa di datangkan dari sejumlah kecamatan lainnya di Aceh Utara.


 “Setelah pinang terkumpul dan disortir langsung di pasok ke Sumatera Utara oleh pedagang besar  yang datang langsung mengambil pinang ditingkat pegepul,”pungkasnya.(Muchlis)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini