Harga Komoditi Sawit Melonjak, Produksi Minim

foto int

Aceh Utara, 12/3 (Atjeh Bisnis)- Dalam sepekan terakhir, harga komoditi kelapa sawit mulai merangkak naik. Namun, produksi hasil perkebunan itu malah berkurang karena tanaman sedang masa pembuahan.

Seperti diungkapkan oleh salah seorang petani kelapa sawit di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Sayuti Ahmad, yang mengatakan bahwa dalam sepekan terakhir harga kelapa sawit meningkat.

“Harga jual dari petani kepada pedagang pengumpul sebesar Rp 1.400 / Kilogram.  Sedangkan harga sebelumnya, hanya sebesar Rp 1.200 / Kilogram’, ungkap  Sayuti.

Namun, seperti diungkapkan olehnya, disaat harga kelapa sawit meningkat. Produksinya malah berkurang, karena tanaman umumnya sedang memasuki masa pembuahan. Sehingga tidak mungkin bisa dipanen.

Kondisi masa sedang proses pembuahan itu, hampir semua tempat perkebunan sawit mengalaminya. Karena selain faktor musim juga dipengaruhi oleh faktor cuaca. “Kepada petani sawit lainnya juga mengatakan hal yang sama, bahwa tanaman sedang tidak berbuah dan masih banyak yang berbunga,” ujar petani sawit itu.

Menurutnya lagi, harga kelapa sawit jika melihat dari kondisi harga sekarang, diperkirakan akan meningkat lagi dari yang ada sekarang. Namun, karena tanaman sedang tidak masa panen, petani juga tidak bisa berharap banyak dari kenaikan harga tersebut. (Rahmat Mirza)



Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini