Puluhan Mahasiswa Unimal Mendadaftar Jadi Santri

Prof Dr Apridar


Lhokseumawe, 9/3 (Atjeh Bisnis)- Puluhan mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, mendaftar untuk menjadi santri Dayah Tarbiyatul Mutafawwiqin Blang Payang, Lhokseumawe. Jumlah mahasiswa yang sudah mendaftar menjadi santri hingga saat ini sudah mencapai 80 orang.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Apridar, Minggu mengatakan, kegiatan dimaksud merupakan hasil kerjasama Pemko Lhokseumawe dengan Unimal. Dimana sebanyak 100 mahasiswa asal Lhokseumawe akan menjadi santri dan menginap di dayah tersebut. Sedangkan 100 lainnya menjadi santri namun tidak menginap di dayah dimaksud. Proses pendaftaran dibuka sampai pekan depan di bagian kemahasiswaan Unimal.

“Pendaftaran program santri ini dibuka sejak pekan lalu sampai pekan depan. Kita harap, seluruh mahasiswa asal Lhokseumawe mendaftar program ini dan seluruh biaya selama menjadi santri akan ditanggung oleh Pemko Lhokseumawe,”

Disebutkan, program itu dirancang untuk memberikan nilai lebih pada mahasiswa. Sehingga, mahasiswa bukan hanya memiliki kemampuan ilmu dan teknologi, namun juga memiliki pemahamanan tentang agama Islam secara mendalam.

“Target utama Unimal itu ingin memberikan nilai lebih pada mahasiswa. Salah satu nilai lebih itu yakni memperdalam ilmu agama, ini bagian tanggungjawab semua kita, baik kampus dan pemerintah,” terang Prof Apridar.

Unimal sambung Apridar sedang menjajaki kerjasama dengan Pemkab Aceh Utara, Pemkab Bireuen dan pemerintah kabupaten/kota lainnya untuk menjalankan program yang sama. Sehingga, ke depan, mahasiswa muslim di Unimal memiliki pemahaman agama yang lebih baik.

“Harapan kita, dengan kemampuan mahasiswa secara keilmuan, teknologi dan agama, maka akan lahir pemimpin masa depan yang jujur, merakyat dan menjalankan roda pemerintahan sesuai ajaran Islam,” terangnya. (Muchlis)



Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini