Tenaga Kerja di Lhokseumawe Lebih Banyak Diisi Kaum Wanita

ilustrasi

Lhokseumawe, 29 (Atjeh Bisnis)- Kepala Seksi Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Lhokseumawe, Duski, mengatakan, bahwa dari 3.199 tenaga kerja yang telah mengisi lapangan pekerjaan yang tersebar di wilayah Kota Lhokseumawe, sebanyak 1.774 tenaga kerja diisi oleh kaum wanita.

Sejumlah lapangan pekerjaan yang diisi oleh kaum wanita itu, banyak disektor jasa perdangangan dan usaha keuangan serta beberapa jenis pekerjaan lain sebagainya.

Sedangkan jumlah tenaga kerja dari kaum pria jumlahnya hanya 1.426 orang. tenaga kerja dari kaum pria tersebut banyak mengisi lapangan kerja yang sangat variatif. Ada jasa konstruksi,industri, perdangangan dan lain sebagainya, ungkap Duski.

Lebih lanjut ungkapnya, di Kota Lhokseumawe, jumlah perusahaan yang telah mendaftar di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Lhokseumawe, tercatat sebanyak 616 perusahaan dengan berbagai skala. Baik kecil, menengah dan besar. Serta memperkerjakan sebanyak 3.199 orang tenaga kerja.

“Kewajiban perusahaan melaporkan tenaga kerjanya ke dinas ketenagakerjaan merupakan amanah dari UU No. 7 Tahun 1981 tentang wajib lapor ketenagakerjaan,” ucap Duski.

Sementara terkait jaminan kesejahteraan terhadap tenaga kerja di Kota Lhokseumawe, Duski, mengaku sudah mulai membaik dan mengikuti tentang berbagai aturan serta hak dan kewajiban bagi tenaga kerja.

“Banyak perusahaan yang telah membayar upah pekerjanya sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan kewajiban perusahaan lainnya terhadap pekerja,” terang Kasi Pengawas Ketenagkerjaan ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe, yang pernah dirilis sebelumnya. Sektor paling mendominasi mata pencaharian masyarakat Kota Lhokseumawe adalah pada sektor jasa yang mencapai 76 Persen, bila dibandingkan sektor lainnya. (Rahmat Mirza)




Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini