Tips Berbisnis Batu Akik



Seperti gambar yang ditampilkan dalam postingan ini adalah gambar seorang pedagang batu yang sedang memamerkan batu cincin dagangannya. Dalam memulai usaha batu dibutuhkan syarat-syarat agar usaha yang sobat rintis bisa berjalan dengan baik dan awet (tidak bangkrut). Berani mengambil resiko dengan cepat merupakan insting yang sangat diperlukan dalam usaha ini. Sobat masih serius ingin melanjutkan usaha tersebut? Ada baiknya simak tips dibawah ini.
Mulailah dengan niat yang jujur dan tidak.
Modal awal tidak usah terlalu besar karena masih baru dalam usaha batu.
Pengetahuan tentang seputar batu cincin yang sedang trend maupun yang punya nilai khusus harus dimiliki seorang yang ingin terjun dibidang ini.
Mengetahui nama-nama batu, minimal yang biasa beredar dipasaran.
Selalu survey harga dan bahan batu dimana saja, kalau bisa cari info dengan sesama pedagang batu.
Mungkin masih banyak hal-hal lain yang harus diperhatikan, namun poin-poin diatas cukup sebagai dasar memulai usaha batu permata.
untuk lengkapnya dapat diperhatikan sebagai berikut:
1. Belajar Tentang Batu Akik
Sebelum Anda putuskan untuk terjun ke bisnis batu akik, pelajari dahulu dengan seksama batu akik itu sendiri. Hal ini sangat penting karena begitu banyaknya jenis dari batu mulia tersebut. Sangat riskan bila Anda buta terhadap batu ini lalu Anda paksakan untuk berbisnis karena tergiur untung yang begitu besar. Pelajari jenis batu ini, karakter batu, serta asal batu, karena dari masing – masing daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri.
2. Menentukan Segmen Pasar
Segmen mana yang Anda pilih akan sangat membantu fokus dalam bisnis batu akik Anda. Karena perlu Anda ketahui bahwa banyak segmen pasar yang bisa Anda kerjakan dalam menggeluti batu akik ini. Dalam menentukan segmen yang akan Anda kerjakan, bisa Anda tentukan dari keahlian yang Anda kuasai. Baik itu kemampuan memoles batu, kemampuan menghias bingkai maupun juga kemampuan marketing atau pemasaran Anda.
Sangat sulit menjalankan semuanya sendiri. Solusi yang paling tepat adalah dengan membuat sebuah tim dengan mengakomodasi seluruh kemampuan di atas dengan konsekuensi, harus ada pembagian kuentungan.
3. Perhatikan Modal Usaha
Untuk modal awal usahakan tidak terlalu besar. Gunakan dana yang save, atau dan yang jika terjadi sesuatu terhadap bisnis Anda tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan keuangan Anda. Karena mengingat bisnis ini adalah termasuk bisnis musiman yang artinya bisnis yang bukan berbasis pada kebutuhan masyarakat. Jadi, di sini Anda harus tetap memperhitungkan dengan seksama segala kemungkinan yang akan terjadi ke depan.
4. Survey Lokasi Produk
Ini harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan produk yang baik dan banyak diminati oleh para konsumen. Jika Anda masih dalam tahap memulai, bisa dilakukan di daerah sekitar Anda dulu. Survey bisa dilakukan pada kota-kota terdekat di sekitar lokasi Anda. Jika skala pangsa pasar Anda sudah besar, Anda juga harus melebarkan daerah survey Anda. Hampir semua kepulauan di Indonesia memiliki batu mulia batu akik yang unik.
5. Survey Harga
Sangat penting Anda lakukan untuk mengetahui harga terbaru di pasaran. Karena bisnis seperti ini kemungkinan perubahan harga di pasar sangatlah besar. Jadi semakin sering Anda melakukan survey harga akan sangat baik untuk perkembangan bisnis batu akik Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan mencoba memasuki pusat – pusat perdagangan batu mulia di sekitar Anda.
Selain cara di atas, bisa juga dengan cara online dengan memasuki grup facebook, beberapa forum dan berbagai media sosial maupun toko online yang berkaitan dengan penjualan batu akik. Di situ Anda akan banyak mendapatkan informasi mengenai harga terbaru batu akik.
7. Inovasi Bisnis Batu Akik
Inovasi sangat penting keberadaanya dalam bisnis ini untuk menghindari kejenuhan dari konsumen. Selain untuk menghindari kejenuhan dari konsumen, inovasi sangat disarankan juga untuk meningkatkan nilai dari batu akik itu sendiri.
Bagi pengrajin atau penghias batu akik, jika ingin bertahan lama dalam menjalankan bisnis batu akik, mau tidak mau harus selalu melakukan terobosan. Inovasi bisa menjadi faktor pembeda diantara para pebisnis batu akik. Seberapa besar inovasi yang Anda buat, akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis Anda di bidang batu mulia ini.
Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan sebagai persiapan dalam membuka usaha atau bisnis batu akik. Semoga membantu Anda untuk segera merealisasikan gagasan dan ide Anda.
Sumber:http://suksesbisnisusaha.com/
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini