Aceh Utara Akan Miliki Pelabuhan Perikanan Pantai

ilustrasi 

Aceh Utara,10/4 (Atjeh Bisnis)-Kabupaten Aceh Utara akan memiliki pelabuhan ikan jenis Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP). Kebutuhan pelabuhan ikan yang berstandar lebih tinggi, sangat dibutuhkan untuk menggarap sektor perikanan.

Kepala Seksi Prasarana Tata Ruang Kelautan dan  Pelabuhan pada Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Utara Thamrin, mengatakan, secara di Aceh Utara terdapat sebanyak Delapan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI).

Namun yang diprioritaskan untuk ditingkatkan statusnya menjadi Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) di Aceh Utara adalah PPI Krueng Mane, di Kecamatan Muara Batu. Pasalnya, kawasan PPI dimaksud merupakan lokasi yang sangat layak untuk dijadikan pelabuhan dimaksud.

Tambah Thamrin, selain daripada itu, hal pendukung lainnya  adalah produksi ikan diwilayah tersebut 10 Ton setiap harinya dengan berbagai jenis. Serta banyak disinggahi oleh kapal berkapasitas mesin 25 hingga 30 GT.

“Banyak faktor pendukung untuk segera ditingkatkan status PPI Krueng Mane menjadi PPP, agar optimalisasi sektor perikanan dikawasan tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi,” ucap Thamrin.

Sebut Thamrin lagi, pihaknya sudah mengajukan permohonan untuk dijadikan PPI Krueng Mane, untuk dijadikan PPP. Bahkan untuk tahun 2015, akan dibangun jetty pelabuhan serta untuk sarana dan prasarana lainnya, akan dibangun secara berkelanjutan dan bertahap untuk dimasa mendatang.

Apabila, sarana pendukung  PPP dikawasan Krueng Mane siap,  maka akan sangat memberi manfaat terhadap pertumbuhan perekonomian dikawasan tersebut. Selain akan banyak disinggahi kapal ikan berkapasitas lebih besar, juga akan menambah Pendapatan Asli Daerah dari sektor dimaksud.

“Apabila PPI Krueng Mane menjadi PPP, maka untuk mendukung pelayanan administrasi dan optimalisasi operasional perikanan tersebut, akan dibentuk Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) yang khusus menangani pelabuhan ikan tersebut,” terang Thamrin. (Rahmat Mirza)


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini