Aceh Gelar Festival Kuliner 2015


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kembali menggelar event tahunan makanan khas masyarakat di provinsi ujung barat Indonesia yang bertajuk "Aceh Culinary Festival 2015".

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi di Banda Aceh, Senin (18/5/2015), mengatakan festival makanan tersebut digelar selama tiga hari, 4-6 Juni 2015. "Festival kuliner tahun ini dipusatkan di Taman Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh. Festival ini akan menyajikan makanan khas dari seluruh Aceh," kata Reza Fahlevi.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh ini mengatakan, berbagai makanan khas dari 23 kabupaten/kota di Aceh akan menjadi bagian dari perayaan di festival tersebut. "Festival kuliner ini digelar bersamaan dengan Jambore PKK Provinsi Aceh. Festival ini menghadirkan 400 peserta dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh," ungkapnya.

Reza mengatakan, panitia pelaksana membuka kesempatan kepada pengusaha rumah makan dan kafe maupun restoran, penggiat industri makanan rumah tangga, komunitas kuliner berpartisipasi menjadi peserta festival tahunan tersebut. Sebanyak 30 anjungan pameran disediakan. Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri ke panitia. Panitia akan menyeleksinya. "Peserta yang menawarkan menu khas tradisional Aceh menjadi prioritas utama," katanya.

"Ada sejumlah rangkaian kegiatan yang digelar di festival tersebut, seperti lomba dan demonstrasi memasak, parade makanan khas Aceh, pertunjukan musik serta kenduri khas Aceh," sambung Reza.

Ia menyebutkan festival kuliner tersebut akan terus digelar setiap tahunnya. Festival digelar untuk mempromosikan dan melestarikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang populer di Indonesia. "Aceh memiliki kekayaan kuliner khas yang bercita rasa luar biasa. Masakan khas ini harus dilestarikan, sehingga tidak hilang tergerus kuliner modern sekarang ini," kata Reza Fahlevi.
Editor     : I Made Asdhiana
Sumber    : Antara
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini