Bupati Nagan Raya Minta Geusyik Tertib Administrasi

NAGAN RAYA- Para kepala desa di Kabupaten Nagan Raya diminta untuk bekerja lebih optimal dalam melayani warganya. Mereka diminta untuk menertibkan administrasi kependudukan dan keuangan desa.

Hal itu disampaikan Bupati Nagan Raya, Drs H T Zulkarnaini pada satu kesempatan, menyikapi persoalan pengelolaan pemerintahan desa di daerah itu. menurut Zulkarnaini, mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih harus dimulai dari desa. 

“Kepala desa atau Geusyik  itu garda terdepan pemerintahan, makanya dituntut melaksanakan peran dan fungsinya melayani masyarakat secara baik dan maksimal," kata Bupati Nagan Raya, Minggu, 10 Mai 2015.
 
Para kepala desa harus paham dan tertib administrasi. Hal itu penting, agar proses pembangunan gampong  yang merupakan ujung pembangunan akan berjalan lancar dan terciptanya masyarakat yang rukun dan makmur.

"Arsip dokumen desa itu harus dikelola dengan baik, kemudian menyangkut tertib administrasi personil perangkat desa, administrasi keuangan dan aset desa juga harus jelas," katanya.

Yang paling penting ditekankan oleh Bupati, perangkat desa harus mengelola keuangan desa dan mencatatnya dengan baik. Buruknya administrasi keuangan, bisa saja akan menyeret seorang aparat desa ke ranah hukum.

“Agar tidak timbul masalah, saya kembali mengingatkan kepada seluruh Kepala desa  agar benar-benar memperhatikan masalah ini, terutama bagi kepala desa yang baru di lantik. Jika ragu, bisa ditanyakan langsung kepada pihak camat di wilayah masih masing sebagai pembina desa,” ujarnya.

Begitu pun soal administrasi kependudukan. Kepala desa dituntut untuk lebih jeli memeriksa dan menerima warga baru yang tinggal di desanya, agar keamanan desa dapat terjaga.Ini guna memastikan agar pendatang baru tidak terlibat dalam aksi-aksi kriminal dan teror yang menjadi target aparat keamanan.

"Jangan sampai, wilayah Kabupaten Nagan Raya  disusupi orang-orang yang ingin membuat teror," tegasnya.

Bupati Nagan Raya juga meminta Badan Pemberdayaan masyarakat, Perempuan  Dan Keluarga berencana (BPM-P & KB)  serta dinas terkait lainnya untuk dapat melakukan pembinaan yang konfrehensif bagi  aparatur pemerintah gampong. Apalagi kedepan tugas dan tanggung jawab aparatur gampong akan lebih berat.

"Kita berharap para kepala desa di Nagan Raya paham dan mampu membawa masyarakatnya menjadi lebih baik," ujar Zulkarnaini.

 
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini