Elemen Sipil Bentuk Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sejumlah elemen masyarakat sipil Aceh membentuk Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya, Sabtu (16/5/2015). Gerakan peduli Rohingya itu dideklarasikan oleh sedikitnya 15 komunitas.

Elemen sipil yang tergabung itu antara lain, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Aceh, Pelajar Islam Indonesia (PII) Aceh, PAHAM Aceh, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Aceh, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), FPMPA, HIMMAH Aceh, BEM Unsyiah, DEMA UIN Ar-Raniry, Radio Ozz FM, Portalsatu.com, @AcehInfo, KSDA, APF, Aceh Loves Rohingya,.

“Aliansi ini akan terus bertambah dan menjadi arus utama dalam menyuarakan nasib Bangsa Rohingya Arakan ke depannya. Kita berharap mereka segera mendapat pengakuan sebagai warga negara di Myanmar,” kata Koordinator Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya, Basri Efendy.

Basri Effendy mengatakan, aliansi itu dibentuk sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab kemanusiaan serta perintah agama.

Seperti diberitakan, sejak 10 Mei sudah 1.500 orang lebih para pengungsi pencari suaka dari suku Rohingya kembali datang ke daratan Aceh. Rombongan pertama yang terdiri dari 500 orang lebih yang terdampar di pesisir Aceh Utara.

Mereka terdiri dari 210 orang Rohingya asal Myanmar dan 395 orang dari Bangladesh. Kondisi kesehatan mereka buruk bahkan delapan orang di antara mereka kini berada dalam perawatan intensif.

Menyusul kemudian sekitar 800 orang “manusia perahu” kembali terdampar di Langsa. Mereka diketahui terdiri dari 256 orang Rohingya, termasuk perempuan dan anak-anak, dan 421 orang Bangladesh, semuanya laki-laki.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini