MUARA DUA COCOK PENGEMBANGAN BUDIDAYA BANDENG

ilustrasi

Lhokseumawe, 8/5 (Atjeh Bisnis)- Areal pertambakan di Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe,  layak untuk pengambangan ikan jenis bandeng. Hal tersebut selain didukung oleh faktor alam juga memiliki akses besar terhadap usaha komoditi tersebut.

Camat Muara Dua Bukhari, di Lhokseumawe Senin mengatakan, areal pertambakan milik warga didaerahnya terbentang sepanjang aliran Sungai Krueng Cunda. Mulai dari Desa Panggoi hingga kawasan Kandang yang berbatasan dengan kecamatan Blang Mangat.

Sejauh penelusuran pihaknya terhadap usaha rakyat dibidang budidaya perikanan. Jenis komoditi budidaya perikanan yang layak dikembangkan oleh petani tambak dikawasan Kecamatan Muara Dua adalah ikan Bandeng, ujar Bukhari.

Alasannya, lanjut Bukhari lagi, petani tambak dikawasan Kecamatan Muara Dua, telah lama membudidayakan bandeng. Bahkan salah satu jenis ikan budidaya tersebut yang berasal dari kawasan Muara Dua, memiliki citarasa yang berbeda dari jenis ikan yang sama di wilayah lain.

Namun seperti diungkapkan olehnya, budidaya ikan bandeng yang dilakukan oleh petani tambak selama ini, masih sangat terbatas dari segi pembudidayaannya. Baik teknologi pembudidayaan maupun perlakuan intensifikasi pembudidayaan lainnya.

“Petani tambak masih sangat tradisional sekali dalam membudidayakan bandeng. Semata-mata hanya mengandalkan cara alamiah dan juga pakannya masih mengandalkan lumut dari hasil pengeringan lumpur,” ungkap Bukhari.

Oleh karena itu, melihat besarnya potensi terhadap jenis komoditi bandeng diwilayahnya. Sangat diharapkan, dengan luasnya areal pertambakan yang ada, supaya dapat digali secara optimal melalui berbagai program pemberdayaan petani tambak.

Sehingga hasilnya dapat lebih optimal dan memberikan efek pertumbuhan ekonomi rakyat terutama petani tambak. Selain dari itu, untuk produksinya juga diharapkan dapat dijadikan makanan olahan melalui pembinaan dari instansi terkait, sehingga selain daripada dijual dalam bentuk ikan segar juga dapat dipasarkan dalam bentuk ikan olahan. (Muchlis)


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini