PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR BERPOTENSI ACEH UTARA

ilustrasi

Lhokseumawe, 12/5 (Atjeh Bisnis)- Kabupaten Aceh Utara berpotensi terhadap pengembangan budidaya ikan air tawar. Hal itu mengingat, wilayah Kabupaten Aceh Utara memiliki potensi yang didukung oleh kondisi alam.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Utara Ismed.Nur Aj Hasan,  mengatakan, wilayah Kabupaten Aceh Utara, selain sebagian wilayahnya adalah pesisir pantai yang cocok untuk budidaya ikan air asin atau payau. Namun sebagian besar wilayahnya yang lain adalah kawasan pertanian dan perkebunan yang juga cocok untuk dikembangkan budidaya ikan air tawar.

Sepanjang wilayah dikawasan pertanian dan perkebunan tersebut memiliki aliran anak sungai dan juga sungai, sehingga sangat layak untuk dikembangkan budidaya ikan air tawar dengan berbagai jenis. Seperti ikan gurami, lele jumbo, nila dan juga ikan patin serta berbagai jenis ikan air tawar lainnya.

Karena jenis-jenis ikan dimaksud, mudah untuk dikembangkan dan tidak memerlukan perawatan yang begitu intensif. Sehingga berpeluang besar bagi masyarakat yang bermukim diwilayah pertanian untuk membudidayakannya dan dapat menjadi salah satu kegiatan penunjang perekonomian masyarakat, ujar Ismed.

Namun seperti dikatakan olehnya, pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait, agar dapat menggali peluang usaha dimaksud dengan bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat agar mau membudidayakan ikan air tawar.

Selain dari itu, untuk menggairahkan usaha budidaya ikan air tawar. Juga harus dilakukan pembinaan kepada petani tentang teknik dan cara pembudidayaan yang benar sehingga berhasil guna terhadap usaha yang dilakukan.

Akan tetapi hal terpenting dalam pengembangan usaha dibidang produktivitas dibidang itu, terletak pada prospek usaha dan pemasaran. Karena yang menjadi kendala adalah pada masalah pemasaran. Apabila, usaha budidaya ikan air tawar memiliki prospek pasar yang bagus serta ada pasarnya, maka dengan sendirinya usaha itu juga akan berkembang.

“Kepastian terhadap pemasaran harus menjadi titik fokus terhadap usaha yang dijalankan. Apabila, jelas pasarnya dan diupayakan juga dalam bentuk promosi, maka dengan sendirinya usaha budidaya ikan air tawar akan berkembang dengan sendirinya serta ditambah dengan pembinaan pendukung lainnya,” ujar anggota DPRK Aceh Utara tersebut.(Muchlis)




Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini