Rahasia Sukses Orang Cina Dalam Berbisnis



Rahasia Sukses Orang Cina Dalam BerbisnisApakah Anda merupakan bagian orang yang keherana dengan para pebisnis China yang sukses? Ya hampir semua orang mengetahui pemilik dari mata sipit ini begitu handal dalam menjalankan bisnis. Ternyata kesuksesan mereka pun bukan tiba-tiba datang begitu saja. Ada rahasia sukses dibalik itu semua. Untuk mengetahuinya silahkan membaca artikel ini lebih lanjut.

Terbiasa sejak kecil

Para pebisnis China selalu melibatkan keluarga mereka untuk ikut membantu. Ini merupakan kebiasaan yang baik ditiru. Dengan dari kecil mereka sudah dikenalkan bagaimana bekerja maka mental kerja keras sudah mereka miliki. Selain itu mereka juga menjadi lebih memahami bisnis yang akan dijalankan. Misalkan cobalah Anda masuk ke rumah makan milik orang China, Anda akan melihat anak pemiliknya menjadi pelayan dan istrinya menjadi kasir. Sehingga begitu si anak beranjak dewasa, dia sudah tau seluk beluk dari bisnis rumah makan.

Selalu belajar

“Malu bertanya sesat di jalan”. Peribahasa tersebut sangatlah menggambarkan para pebisnis China. Mereka tidak pernah malu bertanya, selalu belajar untuk lebih mengembangkan usaha mereka. Ia akan belajar dan bertanya kepada siapa saja agar dia mengetahui informasi yang ia butuhkan. Dengan giatnya mereka belajar maka tak heran besarnya hasil yang mereka dapat.

Tata administrasi yang baik

Pernah mendengar toko yang dimiliki orang China kehabisa stok? Baru sadar bukan mereka tak pernah kehabisan. Ini dikarenakan sistem administrasi mereka yang baik. Mengelola administrasi dengan baik maka aliran barang dan kas akan semakin lancar.

Menjaga pelanggan

Pengusaha China memang terkenal dengan kepiawaiannya dalam memberikan kepada para pelanggannya. Tak jarang mereka memarahi atau menegur karyawannya yang memberikan pelayanan yang kurang baik. Andalan mereka adalah selalu memberika hadiah atau diskon khusus untuk pelanggannya. Sehingga pelanggan merasa istimewa. Ini selalu mereka lakukan baik pada harga yang mahal ataupun tidak.

Sederhana yang paling sederhana

Sebelum menjadi pengusaha yang sukses, para pengusaha China memang terbiasa dengan kehidupan yang sederhana. Itu dilakukan dengan menyisihkan 20 persen dari pendapatan mereka. Tak pernah lebih. Misalkan pendapatan mereka Rp 10 juta maka yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari adalah Rp 2 juta. Sisa dari pendapatannya mereka pilih untuk berinvestasi ataupun menabung.

Tak takut “risiko”

Sebagai pengusaha yang ingin sukses tentu banyak risiko dan rintang yang menghadang mereka. Para pengusaha China selalu berkeyakinan bahwa ada kesempatan pada tiap rintangan sehingga mereka berani dalam mengambil risiko. Dan mereka tak pernah mengenal kata gagal.

Good service

Pepatah leluhur yang mereka selalu gunakan adalah jika tak pandai tersenyum, jangan membuat toko. Pepatah tersebut memiliki arti bahwa sebagai pengusaha maka harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Pelanggan yang puas dengan pelayanan maka pelanggan tidak akan pidah ke toko sebelah tetapi menjadi pelanggan setia Anda.\
sumber: tipswirausaha.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini