Bulan Ramadhan, penjualan ikan bakar di Aceh meningkat tajam

Merdeka.com - Pada bulan ramadan hampir semua makanan mengalami peningkatan permintaan. Salah satunya ada penjual ikan bakar yang laris manis selama ramadan dibandingkan bulan-bulan biasa.

Penjual ikan bakar di pinggir jalan lintasan Banda Aceh-Medan, tepatnya di kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh menyediakan ikan bakar jenis tongkol. Ikan bakar ini tidak hanya dibeli oleh warga setempat, juga pengendara yang melintas pun ikut membelinya.

Razali (32), seorang penjual ikan bakar di Samahani mengaku selama bulan ramadan permintaan ikan bakar meningkat drastis. Sehingga dia harus menambah stok ikan bakar dibandingkan hari biasanya.

"Sekarang selama bulan ramadan, bisa terjual ikan akar hingga 70 ekor, padahal sebelumnya paling banyak 40 ekor saja," kata Razali, Rabu (24/6).

Meningkatnya permintaan ikan bakar selama ramadan disebabkan ada pesanan secara borongan, sehingga dia harus menambah jumlah ikan yang dibakar.

"Jual eceran juga tetap seperti biasa, eceran juga melonjak pembelinya, terutama pengguna jalan yang kebetulan melintas," imbuhnya.

Soal harga, katanya, ikan tongkol bakar yang dia jual relatif terjangkau oleh semua pihak dan ekonomis. Harganya tergantung besar atau kecil ikan tersebut yaitu dibanderol mulai Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per ekornya.

"Soal harga sangat ekonomis, tergantung ukurannya, semakin besar ukuran semakin mahal," ujarnya.

Razali mengaku ikan tongkol itu dia beli langsung dari pangkalan ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), Lampulo, Banda Aceh. Karena ikan-ikan yang ada di pelabuhan itu masih segar dan belum lama disimpan.
[cob]
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini