Hari ke-dua Aceh Culinary Festival 2015, dimeriahkan oleh Khanduri Apam.



Setelah dibuka dengan khanduri Masam Keueng yang menghadirkan ragam hidangan gulai asam pedas khas Aceh, seperti masam keueng gemuloh dan eungkot suree (ikan bandeng dan ikan tongkol), sie masam keueng (daging sapi) dan bieng masam keueng (kepiting),  kemarin (07/06) Aceh Culinary Festival, hari ini kembali dimeriahkan oleh perayaan tradisional khas Aceh, Khanduri Apam.

Tradisi yang sangat populer di Kabupaten Pidie ini biasanya digelar bertepatan dengan peringatan Isra' Miraj pada tanggal 27 rajab. Khanduri Apam pada jaman dahulu juga digelar saat ada lelaki yang tidak salat Jumat sebanyak tiga kali berturut-turut. Keluarga lelaki tersebut biasanya dikenakan sanksi adat untuk membuat 100 porsi apam yang kemudian disedekahkan ke masjid untuk dimakan bersama-sama oleh jamaah.

Khanduri yang akan dikomandoi oleh Lembaga Peubeudoh Sejarah, Adat dan Budaya (Peusaba) ini akan dilaksanakan pada pukul 10 pagi di lokasi Aceh Culinary Festival 2015 di taman ratu safiatuddin. Pengunjung akan disuguhkan sejarah khanduri apam, hikayat, tradisi memasak apam dan juga bisa menikmati Apam, kue khas Aceh ini, secara gratis.

Aceh culinary Festival yang masih akan berlangsung hingga hari ke-tiga esok, pada hari ini juga akan menghadirkan kelas memasak 23 menu khas dari kabupaten/kota di Aceh dan juga pertunjukan musik akustik oleh artis muda berbakat jebolan Indonesian Idol yang baru saja dinobatkan sebagai artis pendatang baru terbaik versi Indonesian Choice Award, Kunto Aji.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini