Ini Lokasi Berburu Kuliner Ramadan di Aceh

Kuliner di Aceh ini merupakan perpaduan berbagai kebudayaan seperti Arab, India, Siam, Spanyol, Tiongkok hingga Belanda. Namun yang paling banyak mempengaruhi yaitu, ragam masakan Arab dan India yang menggunakan banyak bumbu serta rempah-rempah.

Jakarta, Aktual.co — Umat Muslim di dunia maupun di Indonesia tentunya tidak sabar menunggu datangnya bulan suci Ramadan tahun ini, sebagai bulan penuh berkah.

Sementara itu, hal menarik yang bisa ditemukan di bulan Ramadan yakni banyaknya pedagang yang menjajakan berbagai sajian untuk berbuka puasa, atau ta’jil. Salah satunya makanan di provinsi Aceh.

Boleh dikatakan, kuliner Serambi Mekah ini merupakan perpaduan berbagai kebudayaan seperti Arab, India, Siam, Spanyol, Tiongkok hingga Belanda. Namun yang paling banyak mempengaruhi yaitu, ragam masakan Arab dan India yang menggunakan banyak bumbu serta rempah-rempah.

Jika Anda ingin menyambangi kota-kota di Aceh, pastikan wisata kuliner jadi agenda liburan di sana.  Berikut dua tempat kuliner di Aceh yang harus Muslim kunjungi.

1. Banda Aceh
Para pemburu kuliner di kota Banda Aceh dan sekitarnya pasti sudah langsung bergerak menuju pasar Ramadan yang berlokasi di sepanjang Jalan Lampisang, atau jalan Banda Aceh-Meulaboh.

Dimana di setiap Ramadan ini, berbagai peunajoh atau penganan seperti Kue Boi, Meuseukat Halua Breuh (semacam dodol), Timpan yang terbuat dari telur dan berisi srikaya dan kelapa, boh rom-rom, rujak aceh dan berbagai makanan yang hanya bisa ditemukan saat bulan puasa. Disana sudah menanti pembeli mulai pukul 16.00 WIB.

2. Gule Plik U
Berbagai jenis sayuran segar yang dicampur dan dimasak dengan bumbu khusus. Plik U adalah kelapa yang sudah difermentasi. Harga per piringnya Rp8.000. Bisa didapat di RM Aceh Rayeuk, RM Ujung Batee dan rumah makan Aceh lainnya. 

Sumber : Aktual.co

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini