Melihat Cantiknya Banda Aceh di Malam Hari Dari Kampung Jackie Chan

Banda Aceh - Kota Banda Aceh yang bangkit kembali pasca tsunami tidak memiliki gedung pencakar langit. Untuk melihat cantik dan bersinarnya ibukota provinsi Aceh pada malam hari, cobalah kunjungi Komplek Perumahan Tiongkok, di Desa Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya , Aceh Besar.

Dari ketinggian komplek perumahan yang dikenal dengan sebutan kampung Jackie Chan ini, terlihat jelas kelap-kelip lampu Kota Banda Aceh. Jarak antara kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok dengan Kota Banda Aceh sebenarnya lumayan jauh yaitu sekitar 17 kilometer.

Saat berkunjung ke sana, Minggu (14/6/2015), Menara masjid Raya Baiturrahman yang merupakan bangunan tertinggi di Aceh terlihat jelas di antara ribuan lampu aneka warna. Sambil menikmati kopi, traveler dapat memotret dari kejauhan gemerlap kota ibu kota provinsi Aceh. Untuk dapat melihat keindahan Banda Aceh dari Kampung Jackie Chan, tidak begitu sulit.

Begitu masuk komplek pacu kendaraan lurus ke atas dan akan ada jalan buntu. Di sana akan ada beberapa kursi panjang, kendaraan silakan diparkir dengan rapih dan nikmatilah pemandangan Aceh sambil menikmati kopi hangat.

Sebutan Kampung Jackie Chan ini dikabarkan karena aktor laga mandarin ini turut menyumbang pembangunan perumahan ini. Dibuat di atas bukit supaya warga yang bermukim tidak kembali diterjang tsunami. Bentuk rumah dan luas bangunan di perkampungan ini dibikin sama layaknya perumahan di kota-kota.

Pada siang hari, Kota Banda Aceh ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Banyak pelancong ingin melihat keindahan kota yang pernah porak-poranda akibat tsunami 2004 silam dari berbagai sudut. Belakangan ini, Banda Aceh terasa panas karena matahari sangat semangat bersinar.

Suanana Banda Aceh berubah pada malam hari. Warung kopi merupakan tempat paling ramai dikunjungi. Di sana, ada sekadar untuk menikmati kopi atau bertukar pendapat. Bahkan ada keputusan yang diambil di warung kopi.

Meskipun demikian, wisatawan yang datang tidak dapat melihat kilauan Banda Aceh karena tidak ada gedung-gedung tinggi. Satu-satunya cara, ya dengan mengunjungi tempat-tempat tinggi di Aceh seperti komplek Perumahan Jackie Chan.

Di sana, pengunjung yang menikmati angin malam di atas ketinggian tersebut juga dapat melihat pesawat saat hendak mendarat. "Burung besi" ini terbang sangat dekat saat memutar sebelum landing di bandara. Sebaliknya, komplek perumahan yang dibangun untuk korban tsunami ini terlihat begitu menarik jika dilihat dari Banda Aceh. Lampu menyala terang dari atas ketinggian.

(Agus Setyadi - Detik.com)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini