Bupati Bireuen Sidak Pasar Hewan



BIREUEN | ACEHINFO.COM - Jelang Lebaran Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, Bupati Bireuen H Ruslan M Daut melakukan peninjauan kepasar hewan yang ada di Desa Glumpang Payong Kecamatan Jeumpa,Sabtu (11/7/2015). Pada kunjungan tersebut Bupati Ruslan didamping Kepala Bidang Bina Produksi dan Pengembangan Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Bireuen Ir Jailani bersama Kabag Humas dan Protokoler Farhan Husen, SE,MM dan sejumlah Waratawan dalam kunjungan tersebut Bupati berdialog langsung dengan para pedagang lembu yang ada dipasar hewan yang terbesar nomor 3 di Aceh tersebut.

“Harga lembu yang sangat mehal mengakibatkan harga daging di hari Meungang melambung tinggi Menjelang peringatan Hari Raya Idul Fitri 1436 H, harga lembu yang memiliki daging mencapai 250 Kilogram, harganya berkisar sampai 35 Juta dan sudah pasti harga daging mencapai 150 ribu perkilogram, ini merupakan harga daging termehal di Indonesia ”. Unjar Bupati Bireuen.

Bupati Juga berharap kepada Pemerintah Aceh agar harga lembu yang ada di Aceh bisa diupayakan dengan harga yang normal, mengigat minat Masyarakat Aceh umunya mengkonsumsi daging di Hari Meugang. Harap Bupati Ruslan.

Hamardi (60) salah seorang Toke Lembu yang berasal dari Panton Labu dan berberapa pedagang hewan lainnya mengatakan kepada Wartawan “untuk hari meungang Lebaran ini baik sapi maupun kambing mengaku meraup keuntugan . Para pedagang hewan ini, menjual dagangannya di Pasar Bireuen setiap hari meungang menyambut hari raya lakunya mencapai 10 sampai 20 ekor lembu dengan harga ber faraisi mulai dari 18 juta samapi dengan 45 juta. Mereka ini, tidak hanya datang dari Kabupaten Bireuen melainkan ada yang datang dari Kabupaten Kota lainya, mereka ada yang dari Kabupaten Aceh Utara, Kabuapten Sigli dan Aceh Besar”. Unjar Hamardi.

Pemandangan perdagangan hewan ini, mendekati hari raya Idul Fitri mulai ramai tidak seperti hari biasanya. Keramaian ini usai hari meungang Puasa sudah kembali seperti biasanya. Para pedagang ini mengejar peringatan Idul Fitri.

Kepala Bidang Bina Produksi dan Pengembangan Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Bireuen Ir Jailani juga mengatakan “Untuk harga kambing menjelang Idul Fitri ini, harga kambing rata-rata mencapai Rp 2.300.000 hingga Rp 3,750.000. Tergantung besar kecilnya maupun usia dan jenisnya. Sedangkan harga sapi jauh lebih tinggi kisaran Rp 8,5 Juta sampai Rp 45 juta. Sekali lagi, semua itu tergantung usia, besar kecilnya hewan serta jenis hewannya,” jelas Ir Jalaini, ketika ditemui di sela-sela kunjungan tersebut. ( Yudi Wbc)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini