Kodim 0111/Bireuen Bangun 5000 Jamban (WC) di 17 Kecamatan Bireuen



BIREUEN | ACEHINFO.COM - Jajaran Kodim 0111/ Bireuen membantu menyediakan 5.000 jamban untuk rumah warga di Tujuh Belas Kecamatan di Kabupaten Bireuen. Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Shofanudin SIP, mengatakan jamban akan dibangun oleh Koramil dan Pos Ramil di 17 Kecamatan yang ada di Bireuen, jamban (WC) untuk warga miskin yang ada di kecamatan itu.

Pengerjaannya sudah dilakukan sejak dua hari ini dan sudah dikerjakan sekitar lima puluh kepala keluarga. “Semua jamban akan kita bantu di Tujuh Belas kecamatan ,” kata Dandim 0111/Bireuen,Letkol Inf Shofanudin SIP, saat meninjau Program Jambanisasi di Desa Cot Gadong Kecamatan Jeumpa, Kamis (2/7/2015).

Dandim menambahkan, “Program ini merata dilakukan seluruh daerah kerjasama TNI-AD dan Kementerian Sosial RI. Tujuannya untuk membantu warga kurang mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih,” katanya.

Dandim Juga berharab kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen untuk bisa berkerjasama dengan pihaknya dan bisa menganggarkan dana untuk program ini pada 2016 mendatang, karna ini merupakan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang kurang mampu.Paparnya.

Menurutnya, pembangunan jamban tersebut dilakukan di setiap rumah penduduk yang sudah terdata,Untuk satu rumah mendapat satu jamban dan septic tank. Dan yang dibangun bukan untuk kelompok masyarakat. Sebagaimana diketahui, TNI Angkatan Darat melalui Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda akan membangun 56 ribu unit jamban keluarga yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Aceh.

Dikatakan Dandim, jumlah personel yang dikerahkan pihaknya sebanyak 200 orang, terdiri dari Babinsa dan personil lainnya, Namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi dan situasi di lapangan. “Biaya itu cuma untuk semen satu sak, satu closed, pasir dan paralon penghubung ke pembuang (septic tank). Sedangkan upah kerja tidak ditanggung, swakelola dari TNI dan warga,” jelasnya.

Dari pantauan Acehinfo.com, sejumlah prajurit membantu warga untuk menggali lubang tanah untuk membuat jamban di rumah warga Tgk Ali (60) warga Cot Gadong Kecamatan Jeumpa, Alhamdulillah Saya secara pribadi sangat berterima kasih kepada Kodim 0111/ Bireuen yang telah membatu keluarga kami membangun jamban (WC), dulu kami tidak memiliki biaya untuk membangunnya, sebelumnya kami hanya menggali tanah sekitar setengah meter untuk melakukan buang hajat atau Buang air besar kata nenek yang sudah memliki 8 cucu ini. Dia juga menambahkan Dengan program ini merupakan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat miskin seperti saya. Ujarnya. (Yudi Wbc)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini