1,2 Hektare Taman Laut Sabang Ditanami Terumbu Karang

Sabang - Tim Marinir TNI AL akan menanam terumbu karang di Pantai Gapang dan Iboh, Kota Sabang (Pulau Weh) seluas 1,2 hektare pada 16 Agustus 2015.

Komandan Batalyon Infantri-8 Marinir Mayor Mar Gede Edy Supryadi saat dihubungi di Sabang, Kamis menyatakan, penanaman tersebut bagian dari kegiatan penanaman sejuta terumbu karang yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

Ia menyatakan, penanaman perdana di Sabang menurut rencana akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A Taufiqoerrachman.

Mayor Gede menyatakan, untuk penanaman terumbu karang tersebut akan melibatkan 200 penyelam.

Dikatakan, dipilihnya Sabang menjadi salah satu daerah penanaman, karena kondisi terumbu karang di daerah objek wisata itu kini sudah banyak yang rusak akibat tsunami pada Desember 2004 dan pengeboman.

Dikatakan, sebenarnya terumbu karang yang ada di kawasan Gapang dan Iboh cukup bagus, sehingga daerah itu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati keindahan taman laut, khususnya di Pulau Rubiah.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, sejumlah BUMN seperti PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan Pemerintah Aceh dan Kota Sabang.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Aceh dan Kota Sabang, serta pihak BUMN yang telah membantu dan ikut menyukseskan kegiatan menanam terumbu karang," katanya.

Ia berharap, dengan penanaman ini ke depan taman laut di Pantai Gapang dan Iboh bisa kembali hidup, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Penanaman sejuta terumbu karang itu dilakukan secara serentak di areal seluas 100 hektare yang puncaknya dilaksanakan di Pantai Malayang Manado, Ambon dan Pantai Gapang Sabang.

Khusus untuk Pantai Gapang Sabang, penanaman terumbu karang akan dilakukan di tujuh titik dengan luas areal 1,2 hektare. Direncanakan pada acara tersebut juga diisi teleconference dengan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Korp Marinir melaksanakan doa bersama dan peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus di bawah laut Sabang.

Pada upacara bendera dasar laut akan melibatkan 100 personil dan bertindak sebagai Inpektur upacara Pangarmabar Laksamana Muda TNI A Taufiqoerrachman dan Komandan upacara Letkol Mar Sulaksana.(Antara)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini