Tertarik Kopi Gayo, Asosiasi Kopi Eropa Datang ke Aceh


TEMPO.COBanda Aceh - Anggota Asosiasi Kopi Eropa (Specialty Coffee Association of Europe/SCAE) berdatangan ke Nangroe Aceh Darussalam. Mereka berencana meninjau perkebunan kopi rakyat di dataran tinggi Gayo, yang berada di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, 16-22 November 2015.

Kepala Sub Bidang Kerjasama Badan Investasi dan Promosi Aceh, Ellita, mengatakan kedatangan mereka merupakan balasan atas kunjungan Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, serta sejumlah eksportir kopi, saat menghadiri undangan SCAE dalam ekspo kopi dunia di Gothenburg Swedia, Juni 2015 lalu. “Sebanyak 19 orang dari SCAE sudah datang. Hari ini rombongan akan menuju Kabupaten Aceh Tengah," kata Ellita, Senin, 16 November 2015.

Selama di Aceh Tengah, SCAE akan mengadakan temu bisnis dengan para eksportir kopi Gayo. Agenda selanjutnya, meninjau perkebunan kopi pada Selasa, 17 November, dan berkunjungan ke pabrik kopi Koperasi Baburrayan dan Gudang Kopi Haji Rasyid serta kebun pembibitan kopi pada Rabu, 18 November. 

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Mustafa Kamal, kunjungan tim SCAE telah disiapkan sesuai jadwal. “Nanti di lokasi pertemuan bisnis, ada pameran produk kopi dari para eksportir kopi, ada kemasan green bean, kemasan roasted bean, kemasan bubuk,” katanya.

Bahkan, kata Mustafa, mereka juga dapat melakukan cupping test kopi Gayo yang diproduksi masing-masing eksportir. Kunjungan tersebut diharapkan dapat menjalin hubungan kerjasama yang baik antara eksportir dan asosiasi tersebut. 

ADI WARSIDI
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini