Asal Nama Mesjid Jin di Samalanga, Bireuen, Aceh

Menurut riwayat dari salah sidroe ureung samalanga ketika beliau mondok di dayah tanjungan samalanga di masa Tgk Badruddin , cerita ini dihikayahkan kepada kami sekitar tahun 2000, diceritakan bahwa dulunya ada pengajian yang dilakukan ulama besar di sana, dan di masjid itu jamaahnya dibagi dua dengan tirai yang membelah masjid tsb.

Suatu ketika jamaah pengajian yang disalah satu bagian masjid itu bertanya kepada Abu:" kenapa masjid di belah dua dengan tirai padahal jamaah hanya kami saja?", Ulama itu berkata bahwa ada jin muslim yang menghadiri pengajian kita".

Hingga suatu ketika, jamaah meminta kepada Abu agar meyakinkan jamaah jin agar bisa mereka lihat dengan mata telanjang, Abu pun mengiyakannya namun dengan syarat jamaah manusia itu tidak ketawa ketika melihat jamaah jin yang berbeda beberapa bentuk tubuh dengan mereka, karena menyakiti perasaan mereka.

Sehingga malam itu, tirai disingkap dan mereka melihat jamaah jin itu, namun manusia mengingkari janjinya sehingga sejak itu jamaah jin tsb tidak bisa lagi dilihat manusia di masjid tsb. Inilah asal muasal masjid jin terkenal.

Setelah sekian lama mendengar cerita Abi lon di rumah, baru kali ini foto masjid ini lon kalon. Untuk benar tidaknya cerita ini terpulang kepada masing masing dan namanya saja hikayah yang sudah "ber'an 'nah" jika meminjam bahasa ilmu hadis. allahu a'lam.

Foto: M. Iqbal Jalil
Sumber : IloveBireuen.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini