Masjid Berkubah Kopiah Teuku Umar Jadi Ikon Baru Aceh

Masjid ini memiliki desain arsitektur yang sangat khas. Terutama pada bagian kubah yang dibentuk menyerupai topi khas aceh yang disebut kupiah meukotop

Selain terkenal dengan kemegahan Masjid Baiturrahman, Banda Aceh juga menyimpan pesona wisata religi lainnya. Kota yang berjuluk Serambi Mekah ini, memiliki masjid yang sangat identik dengan ornamen-ornamen khas Aceh.

Terletak di Jalan Teuku Umar, berdiri menjulang kubah dari Masjid Baitul Musyahadah. Meskipun terletak di samping pusat perbelanjaan Suzuya Mall, tak membuat pesona etnik dari masjid ini memudar.

Masjid yang awalnya dibangun dari hasil swadaya masyarakat ini didirikan dengan nama Masjid Al Ikhlas pada tahun 1989. Kemudian diubah namanya menjadi Masjid Baitul Musyahadah pada tahun 1993 silam.

Masjid ini memiliki desain arsitektur yang sangat khas. Terutama pada bagian kubah yang dibentuk menyerupai topi khas aceh yang disebut kupiah meukotop.

Kupiah meukotop sendiri memiliki arti filosofi yang cukup mendalam bagi masyarakat Aceh. Terutama dalam melambangkan reusam (aturan adat), adat istiadat, hukum Islam, dan juga qanun (peraturan daerah).

Selain itu, masjid ini juga dipilih masyarakat setempat dalam melambangkan kegigihan perjuangan pahlawan asal Tanah Rencong, Teuku Umar.

Ornamen-ornamen khas Aceh banyak dipajang di dinding depan Masjid Baitul Musyahadah. Selain itu, masjid ini juga memiliki pintu unik yang terbuat dari besi.

Arsitek masjid merupakan seorang cendekiawan terkemuka di Aceh, Ali Hasjmy yang mendesain masjid menjadi berbentuk segi lima. Bentuk segi lima ini merupakan gambaran dari rukun Islam yang harus diamalkan oleh seluruh jemaah masjid.

(Dream.co.id)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini