Film Asal Aceh Dominasi Penghargaan Malang Film Festival 2016

278 film pendek dari berbagai penjuru tanah air yang masuk ke panita Malang Film Festival (MAFI FEST) 2016 akhirnya mengerucut menjadi 4 terbaik, masing-masing 1 dari 4 kategori yang telah diseleksi oleh tim juri.

Tidak ada film asal Malang yang masuk sebagai salah satu pemenang di 4 kategori MAFI FEST kali ini, ke-empatnya berasal dari luar Jawa Timur yakni, Yogyakarta, Jakarta dan Aceh.

4 film terbaik MAFI FEST 2016 adalah:

- Kategori Fiksi Pelajar: Sepeda Naga (Farhan Arvyan/Budi Mulia Dua, Yogyakarta)

- Kategori Fiksi Mahasiswa: Palang Pintu (Qausar Harta Yudana, Institut Kesenian Jakarta)

- Kategori Dokumenter Pelajar: Sang Kolektor Muda (M. Hendri / M. Rizky Hardi, Aceh Documentary)

- Kategori Dokumenter Mahasiswa: Biasa Tapi Luar Biasa (Rahmat S./Agus Salim, Aceh Documentary)

Ngalamers, penghargaan 4 film pendek terbaik MAFI FEST 2016 ini diserahkan masing-masing oleh Abdul Chafidz (Direktur MAFI FEST 2016), Adrian Jonathan (Juri), Jason Iskandar (Juri) dan Akbar Yummi (Juri) di malam penganugerahan yang digelar di Sengkaling Kuliner pada Sabtu, (09/04/2016).

"Pemenang di puncak penghargaan malam hari ini bukanlah suatu akhir dari karya-karya besar kita untuk bangsa dan negara," kata Dr Sidik Sunaryo MSi, Pembantu Rektor (PR) III Universitas Muhammadiyah Malang memberi sambutan.

Menurutnya ajang festival bukanlah akhir dari sebuah karya film, tapi bagaimana film mampu berkomunikasi baik dengan masyarakat luas, mampu menyentuh berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, hingga politik.

"Mudah-mudahan mendapat tempat dan penghargaan di hati masyarakat. Karena dengan itulah ukuran keberhasilan karya kita di tengah mereka," pungkasnya.

Selain sesi kompetisi, MAFI FEST 2016 juga menghadirkan program non kompetisi yang dilakukan saat pra kompetisi, diantaranya: Malang Sinau Dokumenter di 3 sekolah di Malang yang mengasilkan 3 film dokumenter, Kelas Publishis Film (15 peserta), Klinik Kritik (7 peserta), Temu Komunitas (20 komunitas/89 peserta), serta beberapa event seperti Distribusi Film Pendek, Public Lecture, Sesi Malangan, dll.

"Diakumulasi secara umum jumlah penonton selama 4 hari pelaksanaan (06-09 April 2016) berjumlah 1526 penonton," terang Yuni Lestari, dari Tim Progam MAFI FEST 2016.

Sampai Jumpa di MAFI FEST 2017!

[Halomalang.com]

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini