Puting Beliung Terjang Sejumlah Daerah di Aceh

ACEH BESAR - Musibah angin puting beliung terjadi di Kampung Tingkem, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Akibatnya 10 rumah dan satu masjid di kawasan itu dilaporkan rusak. Sementara tidak ditemukan korban jiwa.
Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Bardan Sahidi yang berada di Dapil tersebut mengatakan, dari 10 unit rumah, lima di antaranya mengalami rusak parah, sementara selebihnya rusak ringan. Menurutnya, sejak bencana alam itu terjadi kemarin Senin 16 Mei 2016, Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah melakukan penanganan bencana.
"Sebagian masyarakat yang rumahnya mengalami rusak parah, mengungsi di rumah kerabat terdekat atau tetangga lainnya. Pemerintah juga sudah memberikan bantuan masa panik," ungkapnya saat dihubungi Okezone, Selasa (17/5/2016).
Sementara itu, belasan unit rumah di tiga gampong (desa) yang berada dalam Kecamatan Baktiya, Aceh Utara juga rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Minggu 15 Mei lalu. Musibah tersebut terjadi saat cuaca dalam kondisi hujan dan angin kencang.
Bardan Sahidi menyesalkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG setempat yang tidak sampai ke masyarakat. Sehingga tidak adanya pencegahan atau persiapan bencana yang akan dirasakan oleh warga.
"Seharusnya kan BMKG bisa mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat. Karena khususnya di Bener Meriah, dua minggu lalu baru saja terjadi bencana puting beliung juga. Selain itu juga rumah yang ditinggali warga memang tidak ramah terhadap bencana," ungkapnya.
(Okezone)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini