8 Cara Agar Tak Gampang Haus Jalani Puasa, Jarang Diketahui!

Dream - Meski air adalah pencegah dehidrasi yang paling ampuh, namun ada berbagai alternatif agar tubuh tetap bugar dan segar selama bulan Ramadan.

Ada banyak makanan yang mengandung air dalam jumlah besar di luar sana yang bisa kita makan untuk menjaga tubuh tetap segar dan terhidrasi sepanjang hari.

Bahkan beberapa makanan tersebut mampu menjaga kulit tetap lembut dan sehat. Berikut adalah 8 cara agar tetap terhidrasi tanpa air selama bulan Ramadan.

1. Makan semangka

Sekira 92 persen semangka adalah air, dan 8 persen sisanya adalah daging buah. Cairan yang ditemukan di semangka termasuk garam, kalsium dan magnesium, yang merupakan komponen yang sempurna untuk menghidrasi tubuh setelah berpuasa.

2. Minum Susu

Cara alami untuk memenuhi kebutuhan kalsium adalah dengan minum susu. Namun susu rendah lemak atau susu cokelat sangat bagus untuk menjaga tingkat hidrasi dalam tubuh sepanjang hari. Susu juga minuman yang bagus setelah berolahraga karena sangat membantu dalam memulihkan kebugaran tubuh.

3. Berbuka dengan Sup

Sup adalah pembuka penting untuk berbuka puasa. Kalau bisa, pilih sup bening daripada yang kental dan konsumsi saat masih panas. Cara ini bagus untuk meningkatkan asupan air dan tingkat energi, dan mengembalikan tingkat hidrasi yang diperlukan oleh tubuh.

4. Minum Smoothie

Makan beberapa buah dengan kandungan air yang tinggi seperti jeruk, semangka, apel, nanas, dan buah persik. Jika perlu buat dalam bentuk smoothie! Alih-alih menambahkan yoghurt atau susu, coba tambahkan air dan beberapa es sebagai gantinya. Ini akan membuat Anda terhidrasi untuk waktu yang lebih lama. Anda dapat membuatnya dalam jumlah besar dan meminumnya sepanjang malam.

5. Hindari Makanan Asin

Diet berbasis makanan diasinkan akan mendehidrasi tubuh. Tubuh kita biasanya hanya membutuhkan dosis kecil garam setiap harinya, yang bisa kita dapatkan secara alami dari sayuran dan buah-buahan. Jadi hindari mengkonsumsi makanan gorengan asin atau hamburger. Sebaliknya, konsumsi air kelapa, irisan apel atau wortel.

6. Makan Salad

Meski efektifitas nutrisinya kurang, namun setumpuk selada mengandung 96 persen air. Dan alasan tersebut cukup untuk menjadikan selada sebagai tambahan salad jika ingin mengembalikan kebugaran tubuh setelah seharian berpuasa. Jadi, jika Anda kurang suka sup, Anda bisa memulai buka puasa dengan makan salad. Dengan tambahan mentimun dan tomat, akan meningkatkan tingkat cairan dalam tubuh.

7. Menghidrasi Kulit dari Luar

Cara lain agar tubuh tetap bugar saat berpuasa adalah menghidrasi kulit dari luar. Ketika Anda bangun, pastikan Anda melembabkan kulit Anda agar tetap terlihat segar dan terhidrasi. Waktu terbaik untuk melakukan hal ini adalah setelah mandi pagi dan kemudian sekali lagi sebelum tidur. Jika Anda sering berada di luar, tabir surya sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit.

8. Jangan Sering Mencuci Wajah

Anda mungkin mengira sering menyiram wajah adalah kunci untuk menghidari dehidrasi. Dalam kasus tertentu itu mungkin benar, tapi mencuci wajah terlalu sering bisa menghilangkan minyak yang penting bagi wajah sehingga malah membuat kulit semakin kering. Jadi setiap kali mencuci wajah, pastikan untuk melembabkannya kembali untuk menjaga kulit tetap dingin dan segar.

(Sumber: Gulfnews.com)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini