Gampong Lampisang, Kampung Oleh-oleh di Aceh Besar


Aceh tak mau kalah dengan daerah lain di Pulau Sumatra dalam hal menarik wisatawan, terutama yang gemar membeli oleh-oleh. Anda yang gemar oleh-oleh makanan khas Aceh dapat berburu langsung ke daerah Gampong Lampisang, Aceh Besar. Dijamin pilihannya lengkap dan rasanya pasti lezat.

Jalan-jalan ke serambi mekah Aceh rugi kalau tidak membawa oleh-oleh khasnya. Selain rencong, Pinto Aceh dan kupiah Aceh, ada kuliner yang cocok di bawa untuk menjadi buah tangan, yaitu kue khas Aceh.

Aceh yang terdiri dari beberapa kabupaten memiliki buah tangan khas beda antara satu kabupaten dan kabupaten kota lainya. Namun jika anda melewati jalan Banda aceh - Meulaboh tepatnya di kawasan Lampisang, Aceh Besar, kita bisa menjumpai para penjaja kuliner Khas Aceh dan bisa melihat langsung lebih dekat cara pembuatannya.

Beberapa kue yang diolah langsung sekitar Gampong Lampisang ini di antaranya adalah Kue Karah, Dudoi (dodol) Aceh, Keu Seupet, Gula Ue (Gula Kelapa), roti bhoi (Bukan Roti Boy ya), bu gring, Halua dan sebagainya. Kue-kue yang di sebut rata-rata bisa bertahan lama dan cocok di bawa ke luar Aceh menjadi oleh-oleh.

Selain itu di juga ada oleh-oleh khas Aceh lainnya yang didatangkan dari beberapa kabupaten lain. Di antaranya, bubuk kopi Gayo, dendeng Aceh, kue Sabang, manisan pala dari Aceh Selatan, kue adee khas Meureudu, Pidie Jaya, emping melinjo Khas Pidie dan sebagainya.

Saat traveler mengunjungi salah satu sentra industri rumah tangga di kawasan Lampisang ini, terlihat para ibu-ibu dan para remaja putri sedang membuat kue khas Aceh yang juga dipersiapkan untuk Lebaran/ hari raya Idul Fitri. Mereka sangat terampil dalam mengolah dari bahan dasar hingga kue tersebut masuk dalam kemasan.

Untuk mencapai lokasi gampong/Desa Lampisang Ini kita hanya membutuhkan waktu rata-rata 15 menit saja dari Kota Banda Aceh dan lokasinya dagangannya terlihat lebih sederhana. Ini dibandingkan dengan yang ada di Banda Aceh seperti di Kawasan Rex Peunayong atau di sekitar Masjid Raya Baiturrahman.

Kuliner khas Aceh memang lezat dan sudah terkenal di mana saja. Namun, lebih lezat lagi jika langsung didapat dari pengrajin atau kokinya langsung! Ya, salah satunya di Gampong Lampisang, kecamatan Peukan Bada, kabupaten Aceh Besar ini.

Zulfan Ariansyah - Travel.Detik.com - Kamis, 04/09/2014 13:30:00 WIB
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini