Pemkab Nagan Raya Bangun PDAM

Suka Makmue- Pemerintah kabupaten Nagan Raya akan segera membangun perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) diwilayah tersebut.Hal tersebut dikatakan oelh Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini melalui kepala Bappeda Nagan Raya TR Keumangan SH MH dalam rapat koordinasi pemebentukan PDAM selasa(01/06) di Aula Bappeda Nagan Raya Kompleks Perkantoran Suka makmue.

Untuk mencukupi kebutuhan air minum yan bersih,sudah selayaknya Kabupaten Nagan Raya untuk membangun PDAM sehingga kaualitas yang memenuhi standard kesehatan serta layak dikomsumsi dan terjamin kontinuitas pasokannya.Meskipun keberadaan alam Kabupaten Nagan Raya telah menyediakan air minum dengan jumlah yang cukup,namun seiring pertumbuhan penduduk yang meningkat sehingga air yang tersedia tidak layak lagi untuk dikomsumsi secara lansung,pasalnya memerlukan pengelolaan air dari alam yang layak dil

komsumsi oleh masyarakat.

Kepala BP SPAM Regional Aceh Drs Azhari Ali dalam laporannya mengatakan,keberadaan PDAM Kabupaten Nagan Raya dimasa mendatang akan menjadi pilot project pembangunan sarana air minum yang mampu memenuhi aspek K3,serta menjadi percontohan untuk PDAM lainnya di Provinsi Aceh.Hal tersebut agar pembentuikan pembangunan PDAM di daerah tersebut dilakukan secara strategis dan dikelola melalui menajemen yang profesional.

Menurut Azhari,pelayanan air minum untuk masyarakat Kabupaten Nagan raya belum ditangani secara komprehensif yang dimulai dari pemenfaatan sumber air baku yang potensial.Pengelolaan air yang dilakukan di instalasi pengelohan air (IPA),pasalnya pelayanan penyediaan air bersih melalui jaringan pipa,sehingga adanya jaminan pasokan air bersih terhadap masyarakat memenuhi standard K3 (kauntitas,kualitas serta kontinuitas).

Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini melalui Kepala bappeda Nagan Raya TR keumangan SH MH dalam sambutannya mengatakan,pembangunan PDAM di Kabupaten Nagan Raya untuk saat ini sangat di perlukan,pasalnya PDAM merupakan solusi agar pelayanan air bersih di daerah tersebut  dapat terlayani sesuai dengan K3.Menurut TRK,pembangunan PDAM agara terjangkau serta dapat memenuhi kebutuhan air untuk masyarakat yang adalam dalam sepuluh kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.

Berdasarkan hal tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Nagan Raya, T. R Keumangan, SH, MH  memprakarsai pertemuan melalui Rapat Koordinasi Pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum pada tanggal 1 Juni 2016 dengan melibatkan pihak terkait baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya serta Pemerintah Provinsi Aceh melalui Badan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BP SPAM) Regional Aceh dalam rangka melahirkan konsepsi pembentukan PDAM baik dari aspek hukum dan kelembagaan, aspek potensi sumber daya alam, aspek teknis hingga aspek pengelolaan perusahaan secara berkesinambungan.

Lebih lanjut T.R Keumangan berharap rencana pembentukan PDAM “Tirta Beutong” Kabupaten Nagan Raya ini mendapat persetujuan Bupati dan DPRK Nagan Raya serta didukung oleh  BP SPAM Regional Aceh dalam proses perencanaan hingga pengembangan PDAM kedepan.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini