“Pengat ” Masakan Khas Dari Dataran Tinggi Gayo


Pengat Gayo adalah sebuah masakan khas yang berasal dari dataran Gayo. Bentuk makanan ini lebih mirip dengan pepes dan dimasak tidak menggunakan daun, melainkan dimasak seperti pembuatan gulai tetapi dimasak hingga tidak berkuah. Pengat Gayo biasanya dibuat dari berbagai jenis ikan, khususnya ikan yang digunakan oleh masyarakat gayo seperti ikan bawal hitam ataupun merah dan ikan depik atau sering juga disebut dengan ikan mas.

Pengat Gayo mempunyai ciri khas dengan keasaman rasanya. Campuran antara air jeruk dan sedikit asam sunti dapat menghasilkan cita rasa yang khas. Jenis makanan ini dibuat tidak berkuah, dipastikan ikan benar-benar matang dan bercampur dengan bumbu. Biasanya memerlukan waktu 1 hingga 2 jam untuk membuatnya. Pengat Gayo biasanya menjadi ciri khas ketika ada acara-acara tertentu seperti Mangan Morom atau makan bersama, pesta perkawinan dan penerimaan tamu agung.

Ikan depik adalah salah satu favorit ibu rumah tangga di Gayo untuk dijadikan Pengat, hal ini disebabkan lebih gampang ditemukan didaerah kota takengon (aceh tengah) dan tekstur juga cocok untuk dijadikan pengat.

 Cara membuat Pengat Gayo :
Bahan
– Ikan Depik,  Bandeng atau ikan Mujahir 1 kg
– Ikan dibersihkan dan dipotong2 sesuai selera

Bumbu Halus
– cabe merah keriting 10 buah
– bawang merah 5 buah
– kunyit 1 cm
– asam sunti 3 buah
– ketumbar secukupnya
– Kacang panjang atau terong secukupnya
– daun penyedap masakan berasa mint
– air secukupnya

Cara Membuat :
1. semua bahan bumbu halus diulek /diblender kasar
2. masukkan ke wajan tempat memasak ikan
3. bumbu dan ikan ditaruh di wajan dan campur dengan air secukupnya

sumber : rahmatzets.wordpress.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini