Pilihan Buah yang Baik untuk Berbuka dan Sahur


Saat menjalankan puasa, jangan lupa untuk tetap makan buah-buahan. Anda dapat mengonsumsinya saat sahur dan berbuka.

Dokter spesialis gizi klinik Pauline Endang Praptini mengungkapkan, saat sahur pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak air, dan tinggi serat.

"Contohnya apel, pepaya, melon, buah naga, dan pisang," kata Pauline dalam acara Ngabuburit Bersama Sunpride di Jakarta, Sabtu (26/6/2016).

Dokter yang praktik di Mayapada Hospital, Lebak Bulus, Jakarta ini menjelaskan, buah yang mengandung banyak cairan bermanfaat untuk hidrasi tubuh selama puasa. Selain untuk mencegah dehidrasi, tentu untuk mengurangi rasa haus saat puasa.

Sementara itu, buah-buahan yang tinggi serat, penyerapannya lebih lambat di dalam tubuh, sehingga akan terasa kenyang lebih lama.

Makanan tinggi serat juga menyehatkan saluran cerna dan mencegah sembelit. Selain itu, buah-buahan seperti kurma dan pisang juga mengandung kalium yang sangat baik untuk nutrisi otot tubuh, sehingga tidak lemas melakukan aktivitas.

Bagaimana untuk berbuka puasa? Pilihan buah yang baik dimakan untuk berbuka puasa, antara lain kurma, anggur, kelengkeng, mangga, pisang, dan rambutan.

Menurut Pauline, buah-buahan tersebut mengandung gula tinggi, sehingga bisa langsung menaikkan kadar gula darah. Tubuh pun kembali berenergi setelah buka puasa. Makanlah buah-buahan tersebut secukupnya.

Pauline mengatakan, makan buah-buahan dan sayuran selama Puasa sangat penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.(Kompas.com)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini