Banda Aceh, Langsa dan Takengon Raih Adipura

Kerja keras warga kota bersama Pemerintah Kota Banda Aceh dan Kota Langsa mengkampanyekan gerakan kebersihan menuju kota “Go green and Cleen,” akhirnya membuahkan hasil dengan meraih penghargaan Adipura Kirana 2016. Sementara Takengon Aceh Tengah, menerima sertifikatAdipura 2016.
Banda Aceh, Langsa dan Takengon Raih Adipura
Banda Aceh, Langsa dan Takengon Raih Adipura

Kepastian Kota Banda Aceh dan Kota Langsa mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan lingkungan disampaikan Kepala Bapedal Aceh Ir Iskandar M.Sc, kepada Serambi Senin (18/7) sore.
Karena itu, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal dan Wali Kota Langsa Usman Abdullah, serta Bupati Aceh Tengah Nasruddin, dijadwalkan hadir ke Siak Provinsi Riau untuk menerima penghargaan anugerah Adipura Kirana 2016 yang akan diserahkan Presiden Joko Widodo, Jumat (22/7) mendatang.
Kepala Bapedal Aceh Iskandar menyebutkan, penganugerahan penghargaan Adipura 2016, yang dirangkaikan dengan peringatan hari lingkungan hidup 2016 dipusatkan di Lapangan Depan Istana Siak Jalan Sultan Syarief Kasim, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak Provinsi Riau.
Didampingi Koordinator Penilai Adipura, Ir Wiyono MT, Iskandar menjelaskan, kategori penilaian dan penghargaan untuk tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, sistem penilaiannya tetap mengikuti aturan baku yang dikeluarkan kementerian. Misalnya, kriteria yang menyangkut aspek sosial, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat.
Disebutkan, kategori Adipura Kirana, fokus pada penilaian kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui ‘Trade, Tourism and Investment‘ berbasis pengelolaan lingkungan hidup. Karenanya, pemberian penghargaan Adipura dalam perspektif modern adalah suatu instrumen yang bisa membangun kepercayaan rakyat dan membangun stabilitas pemerintah.
Suatu daerah bisa meraih Adipura apabila memiliki platform yang jelas dan strategi yang diterapkan. Strategi bukan hanya parameter dalam penilaian Adipura, namun harus bisa membangun kebersamaan dan kepercayaan. Pemberian penghargaan Adipura dalam perspektif sekarang adalah suatu instrumen yang bisa membangun kepercayaan rakyat dan membangun stabilitas pemerintah.
Kategori penilaian lainnya yakni pengeloaan TPA, sistem daur ulang sampah, penghijauan, kebersihan drainase, hutan kota dan kebersihan di area umum dan perkantoran. Selain itu, tim juga melakukan penilaian non fisik seperti sisi manajemen pemerintahan dalam pengelolaan kualitas air, pesisir, pariwisata, dan lainnya. 
sumber aceh.tribunnews
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini