BREAKING NEWS: Laweung Bergolak

Massa dalam jumlah besar dilaporkan melancarkan aksi demo di Laweung, Kabupaten Pidie, Sabtu (30/7/2016) menjelang siang yang disebut-sebut terkait dengan proses pembebasan lahan untuk areal pembangunan pabrik semen di wilayah tersebut.

BREAKING NEWS: Laweung Bergolak

Belum banyak info yang diperoleh Serambinews.com terkait aksi massa di Laweung. Namun, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pidie, Apriadi yang dihubungi Serambinews.com membenarkan adanya peristiwa itu.

"Kami belum tahu apa pemicu aksi namun disebut-sebut terkait proses pembebasan lahan untuk pabrik semen," kata Apriadi.
Menurut Apriadi, atas permintaan polisi pihaknya sempat menurunkan armada pemadam kebakaran ke lokasi yang berjarak sekitar 40 km dari Sigli, ibu kota Kabupaten Pidie.
Namun petugas dan armada pemadam yang sudah memcapai lokasi dipaksa kembali oleh massa.
"Karena berbagai pertimbangan, saya perintahkan tim mundur ke titik aman dan tetap siaga," ujar Apriadi yang ketika dihubungi sedang berada di Banda Aceh. Laporan terjadinya gejolak di Laweung diterima pihak BPBD Pidie sekitar pukul 09.00 WIB.
Belum diketahui apa saja yang jadi sasaran amuk massa. Tapi beberapa laporan menyebutkan kondisinya memang panas.
Sebelumnya, Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa (IPPM) Muara Tiga Laweung, Khairul Bahri M Isa kepada sejumlah media mengatakan bahwa pembebasan lahan untuk pembangunan pabrik semen di Lamweung, Pidie belum ada kejelasan.
Meski pihak PT Samana Citra Agung yang diberikan mandat oleh PT Semen Indonesia untuk mengurusi pembebasan lahan di Kecamatan Muara Tiga, Laweung mengklaim sudah membebaskan lahan sekitar 1.500 hektare.
Sejauh ini belum bis dipastikan apakah penyebab aksi massa di Laweung terkait dengan pembebasan lahan teraebut atau ada faktor-faktor lainnya. 
sumber tribunnews
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini