Persemaian Nilai Budaya Dibuka Bupati Ruslan

BIREUEN - Bireuen menjadi salah satu inspirasi tentang persemaian nilai budaya. Daerah ini memiliki akar sejarah yang luar biasa baik, tentang agama dan sejarah bangsa yang panjang, terutama pendidikan.
Hal itu dikatakan, Kasubdit Geografi Sejarah, Direktorat Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Agus Widiatmoko saat meresmikan Kegiatan Persemaian Nilai Budaya, Penguat Karakter Bangsa di Gedung GOR Glumpang Payong, Jeumpa, Bireuen Selasa (26/7/2016).

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pendidikan dan Kebudayan Bireuen itu dengan nonton bareng video dokumenter tentang dunia pendidikan, 'Kita Versus Korupsi' dan dokumenter seni budaya Rabbani Wahid. Selain itu juga diperlihatkan sinopsis film siswa dirangkai dengan diskusi antar pelajar di Bireuen.

Menurut Agus Widiatmoko, program dengan media film ini dititikberatkan untuk memberi inspirasi bagi siswa dan pemangku kepentingan pendidikan, demi terwujudnya karekater bangsa yang  positif.

“Selama ini pelajar dan remaja kita lebih cenderung menyaksikan film luar negeri, sementara film dokumenter tentang budaya, agama hasil anak bangsa kita kurang diminati. Ini merupakan salah satu persoalan yang perlu kita cermati bersama,” katanya.

Bireuen merupakan salah satu kabupaten yang banyak menyimpan sajarah bagi anak bangsa, terutama pendopo,  dimana Presiden pertama RI, Sukarno pernah menjadikan Bireuen sebagai ibu kota ke 3 setelah Yogyakarta.

Bupati Bireuen,  Ruslan M Daud  saat membuka kegiatan itu mengatakan, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan pendidikan Bireuen ke depan. “Bireuen memiliki wilayah yang luas di antara tiga Kabupaten lainnnya. Maka tak salahnya Bireuen dapat dipromosikan, baik wisata alam, kuliner serta sejarah budaya ke nusantara,” katanya.

Ruslan juga meminta kepada Direktorat Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk memfasilitasi pembangunan museum sejarah Bireuen. Termasuk penempatan desa adat, rumah Tgk Awe Geutah di Peusangan Siblah Krueng serta  membantu mobil pendidkan keliling untuk kemajuan anak didik di sekolah.(Goaceh.co)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini