Rahasia Sukses Apaleh Menghajar Sate Matang

Belasan mobil berjejer di depan warung di lintas Medan-Banda Aceh, Desa Geurugok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Aceh. Letaknya persis di pasar ibu kota kecamatan tersebut. 

Di situ, sejumlah orang dari berbagai daerah berkumpul sekadar singgah sejenak, menikmati Sate Apaleh yang tersohor itu. Sate daging sapi dan kambing ini dikenal seantero Aceh. Tidak kalah populer dengan Sate Matang yang tersohor itu. 

Bagi pengunjung yang menuju Medan atau Banda Aceh menggunakan lintas Sumatera, rasanya tidak afdol, jika tak singgah menikmati sate itu. 

Warung ini buka 24 jam. Sehingga, jangan khawatir tidak kebagian. Pemilik warung sate ini Saleh. Dia membuka warung sate itu sejak puluhan tahun lalu. Awalnya hanya sebelah kanan jalan jika dari Medan menuju Banda Aceh. Kini, di sisi kiri jalan pun telah dibuka.

Rahasia Sukses Apaleh Menghajar Sate Matang

Padanan sate ini adalah sop tulang. Kuah sop yang mengepul asap penuh aroma gurih mampu membuat liur menetes. Selain tulang, dalam sop juga dicampur lemak sapi atau kambing. Jika makan sate kambing, untuk pembeli disediakan minuman jus timun. Jika makan sate sapi, silakan memilih sendiri aneka minuman segar yang tersedia. 

Salah seorang pembeli, Miswardi asal Aceh Utara, menyebutkan setiap kali melintas menuju Banda Aceh, dia dan keluarganya selalu memilih makan di warung tersebut. “Dagingnya gurih dan empuk,” sebutnya. 

Bahkan angkutan umum pun singgah ke warung itu untuk menuntaskan selera penumpangnya. Nah, Anda penasaran? Jika berkunjung ke Aceh. Tuntaskan penasaran Anda dengan singgah sejenak di Sate Apaleh.

sumber travel.kompas.com

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini