Tiga Pemuda Aceh Lolos ke Amerika

Tiga pemuda Aceh lolos ke program pembangunan kepemudaan ‘Young South East Asian Leaders Initiative (YSEALI)’ yang digelar Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui kedutaan besar negara itu di Jakarta. Ketiga pemuda itu adalah Jamaluddin Phonna (sineas), Syahwil Saputra (mahasiswa Unsyiah), dan Rini Keumala Sari.

Semboyan Amerika Serikat E Plurubis Unum 
Jamaluddin kepada Serambi, Rabu (13/7) mengatakan, mereka akan berada di AS mulai 2 September hingga Oktober 2016. Selama mengikuti program itu, mereka akan disebar ke tiga universitas di tiga kota. Kegiatan yang dilakukan yaitu diskusi dengan mahasiswa dari berbagai negara dan studi tour.
Dirinya, sebut Jamaluddin, akan ditempatkan di University of Massachusetts-Amherts Boston, Syahwil Saputra di University of Montana, Missoula, dan Rini Keumala Sari di East West Center, University of Hawai, Manoa. “Dalam diskusi nanti, saya akan membahas isu sosial kemasyaratan di Aceh. Sedangkan Syahwil dan Rini akan membahas isu lingkungan hidup,” ujarnya.
Ditambahkan, peserta juga diwajibkan menyusun desain project untuk menyelesaikan masalah di negaranya. Sebab, tujuan program itu untuk menciptakan calon pemimpin ke depan yang mampu mencari solusi terhadap suatu isu atau masalah.
YSEALI merupakan program yang digagas Presiden AS, Barrack Obama. Dengan mengumpulkan pemuda dari 10 negara di Asia Tenggara, mereka diharapkan dapat saling belajar dan bertukar informasi mengenai penyelesaian masalah dan pembangunan di negara masing-masing.(mun)
sumber : aceh.tribunnews
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini