Truk Seruduk Kerumunan di Prancis, 73 Orang Tewas

Truk Seruduk Kerumunan di Prancis, 73 Orang Tewas
Truk Seruduk Kerumunan di Prancis, 73 Orang Tewas
Sebuah truk tronton menyeruduk kerumunan orang dalam perayaan Bastille Day di Nice, Prancis, Kamis malam, 14 Juli 2016, waktu setempat. Menurut seorang jaksa di Nice, seperti dikutip kantor berita CNN, Jumat, 15 Juli 2016, sebanyak 73 orang tewas akibat peristiwa tersebut.

Berdasarkan keterangan jaksa tersebut, sang sopir menabrakkan truk yang dikendarainya ke arah kerumunan orang dengan kecepatan tinggi. Orang yang ada di sana pun terlempar. Sopir truk tersebut akhirnya ditembak mati aparat kepolisian. Selain mengakibatkan korban tewas, peristiwa itu melukai sekitar seratus orang.

Seperti dikutip kantor berita BBC, tragedi tersebut terjadi di Nice selatan. Menurut informasi yang dilansir sebuah koran lokal Prancis, insiden terjadi saat perayaan kembang api di salah satu tempat wisata yang menjadi ikon Prancis, Promenade des Anglais.

Dalam sebuah foto yang beredar di Twitter, lusinan orang terbaring tak berdaya di jalanan. Wali Kota Nice Christian Estrosi menyatakan sopir truk tronton itu terlihat sangat ingin membunuh puluhan orang yang ada di sana.

Menurut jaksa Nice, Jean-Michel Pretre, truk tersebut menyeruduk kerumunan orang sejauh 2 kilometer. Presiden Prancis, Francois Hollande, pun langsung kembali ke Paris dari kunjungan pribadinya ke Avignon, Prancis tenggara, untuk memberi keterangan resmi atas tragedi tersebut.

Seorang reporter AFP memberi kesaksian bahwa insiden itu terjadi saat perayaan kembang api baru saja usai. "Kami melihat kerumunan orang-orang ditabrak dan tubuh mereka beterbangan," tuturnya. Seorang saksi juga berujar, "Semua orang berteriak lari, lari, dan lari. Kepanikan yang luar biasa." 

|sumber : tempo

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini