Wali Kota Banda Aceh Iarang warga bakar petasan malam Lebaran

Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal mengimbau warga di ibu kota Provinsi Aceh untuk tidak membakar petasan menyambut  Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kami mengimbau warga tidak membakar petasan maupun mercon di malam lebaran nanti," kata Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh, Sabtu.

Wali Kota mengatakan, membakar petasan atau mercon merupakan perbuatan ria karena menghamburkan uang. Sebaiknya, uang membeli petasan digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Selain itu, kata dia, membakar petasan atau mercon di malam Idul Fitri mengganggu ketenteraman masyarakat yang beribadah maupun mempersiapkan segalanya untuk lebaran ke esokkan harinya.

"Di malam lebaran, seharusnya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, tidak melakukan perbuatan sia-sia seperti membakar petasan maupun mercon," kata Wali Kota Banda Aceh.

Kepada para orang tua, Hj Illiza Saaduddin Djamal mengimbau agar mengawasi anak-anak mereka untuk tidak melakukan perbuatan mubazir seperti membakar petasan maupun mercon di malam menyambut Idul Fitri.

"Selain perbuatan mubazir, membakar petasan juga berbahaya. Bahaya ini harus dihindari. Jangan nanti malah mendapat musibah saat orang lain merayakan lebaran," kata Hj Illiza Saaduddin Djamal.

Menyangkut razia petasan, Wali Kota mengatakan, pihak nanti akan mengajak kepolisian melakukan razia intensif terkait jual beli petasan, mercon, dan lainnya.

"Razia petasan merupakan kewenangan kepolisian. Namun, kami nanti akan berkoordinasi dengan kepolisian guna menertibkan jual beli petasan dan mercon," demikian Hj Illiza Saaduddin Djamal.(ANT)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini