Berburu Duren Kini Jadi Wisata Kuliner Nikmat di Aceh

Banda Aceh - Medan memang terkenal dengan kuliner duriannya. Namun destinasi lain pun tak mau kalah. Salah satunya Aceh yang kini punya wisata durian langsung dari kebun.

Kecamatan Lhoong di Aceh Besar terkenal sebagai salah satu daerah penghasil durian. Banyak perkebunan warga terdapat di sana. Pohon-pohon durian ditanam rapi. Penduduk di sana tidak langsung memetik durian dari pohon. Tapi menunggu hingga jatuh.

Begitu buah sudah menyentuh tanah, mereka mengambilnya dan kemudian dibawa turun ke bawah. Durian dapat dinikmati langsung di areal perkebunan ataupun di lokasi mana saja yang diinginkan. Pisau untuk membelah turut disediakan.

Traveler yang berkunjung ke Aceh Besar mungkin tidak boleh melewati untuk mencicipi nikmatnya durian Aceh Besar. Letak perkebunan warga ada di Desa Geunteut, Kecamatan Lhoong atau sekitar 40 kilometer arah barat Banda Aceh.

Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam jika berangkat dari ibukota Provinsi Aceh. Sampai di Lhoong, traveler dapat singgah ke Desa Geunteut. Masuk ke dalam dari jalan lintas antar provinsi sekitar satu kilometer.

Di ujung desa, terdapat pondok-pondok yang menjual durian. Lokasi ini berjarak hanya sepelemparan batu dari perkebunan. Traveler dapat membeli durian langsung dari warga yang membawa turun dari kebun mereka.

Harga yang ditawarkan pun tergolong murah yaitu berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu. Tergantung ukurannya. Jika sanggup berjalan ke kebun, traveler dapat mencobanya. Tapi jika tidak, ya hanya menikmati lezat dan manisnya durian di pinggir sungai dekat kebun.

Meski demikian, durian di Lhoong Aceh Besar tidak selalu ada. Tergantung musim berbuah. Selain di kebun, pinggiran-pinggiran jalan menuju Lhoong juga banyak terdapat penjual durian.

"Tentu semua masyarakat sudah tahu bahwa Lhoong ini salah satu daerah penghasil durian di Aceh," kata Komandan Kodim 0101/BS Letkol Inf Mahesa Fitriadi saat "berburu" durian Lhoong, Senin (8/8/2016).

Saat detikTravel berkunjung ke Desa Geunteut, terlihat sejumlah pengunjung beragam usia sedang menikmati durian di pondok-pondok di sana. Mereka membeli durian dengan harga yang dapat ditawar. Jika membeli dalam jumlah banyak, tentu harganya bakalan lebih murah.

Selain itu, traveler juga dapat melihat aktivitas warga di sana. Masyarakat membawa turun durian dari perkebunan dengan mengikat pada kayu ukuran panjang dan ditaruh di atas bahu. Soal keramahan warga, patut diacungi jempol.

"Durian ini memang musiman, tapi menurut saya sangat bagus jika Lhoong ini dijadikan objek wisata makan durian," ungkap Mahesa.

Tertarik menikmati sensasi makan durian di lokasi perkebunan? Ayo ke Lhoong, Aceh Besar!

(Agus Setyadi/detikTravel)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini