Ini Kelebihan Aceh yang Tidak Dimiliki Lombok di Wisata Halal

Aceh dan Lombok merupakan dua destinasi prioritas untuk wisata halal di Indonesia. Namun di bidang wisata halal, Aceh punya kelebihan yang tak dimiliki Lombok.

Ini Kelebihan Aceh yang Tidak Dimiliki Lombok di Wisata Halal


Berbeda dengan Lombok, Bumi Serambi Makkah di Aceh menerapkan sistem Syariah yang membuatnya sudah teruji untuk urusan wisata halal. Bisa dikatakan, bahwa halal adalah bagian hidup dari masyarakat Aceh.

"Kalau di Lombok mungkin ada yang halal ada juga yang bebas. Kalau di Aceh ini daerah Syariah, semuanya pakai konsep halal. Dan kita pilih memang destinasi yang sudah siap. Baik itu dari sisi alamnya maupun budayanya, cuma konsepnya halal," ujar Kadisbudpar Aceh, Reza Pahlevi usai press conference Aceh International Rapa'i Festival 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kamis malam (4/8/2016).

Sedangkan untuk soal destinasi wisata halal, Reza mengatakan kalau Aceh punya banyak. Mulai dari destinasi bertema alam di Aceh Tengah, destinasi sejarah Islam di Bireun hingga wisata bahari di Aceh Barat. Traveler Muslim dijamin puas liburan ke Aceh.

"Sabang, Banda Aceh dan sekitarnya, Aceh Tengah, Daratan Tinggi Gayo, Bener Meriah dan Aceh Tenggara di mana potensi alamnya sangat kuat, kemudian d sepanjang pantai timur di utara Bireun yang memang itu fokusnya ke heritage site sejarah masuknya Islam ke nusantara, Aceh Barat memiliki garis pantai yang cukup panjang, baharinya sangat kuat di situ," ujar Reza.

Selain itu pihak Aceh juga fokus untuk membangun sarana penunjang lain yang dibutuhkan, seperti akses jalan, konektivitas antar destinasi, hingga sumber daya manusianya. Semua adalah komponen penting yang diperlukan untuk wisata halal.

"Kita 4 pilar pariwisata itu kita fokuskan ke halal destinasi ya, empat pilar itu kan aksesbilitas, konektivitas, amenitasnya kemudian membangun SDM-nya," jelas Reza.

Dengan kesungguhan Aceh serta dukunggan Pemerintah, bukan tidak mungkin kalau nantinya Aceh akan menjadi destinasi halal unggulan kelas dunia dan mengalahkan Lombok yang sudah lebih dulu populer.(aff/aff)


sumber travel.detik.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini