Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Meulaboh diresmikan

Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz meresmikan gedung baru Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Meulaboh di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"Semoga fasilitas yang baru ini dapat mempermudah semua pihak dalam berinteraksi dengan BPJS Ketenagakerjaan baik peserta maupun pemerintah daerah dengan selalu mengedepankan pelayanan prima," katanya dalam rilis kepada Antara di Meulaboh, Kamis.

Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Meulaboh ini bekerja membawahi delapan kabupaten/kota di wilayah barat dan selatan Aceh, yakni mulai dari Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Selatan, Singkil, Simeulue dan Kota Subulussalam.

Naufal menjelaskan jaminan sosial merupakan hak setiap warga negara untuk mencapai kesejahteraan pekerja, perlindungan yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan wajib diikuti seluruh pekerja di Indonesia, baik sektor pekerja Penerima Upah (PU) maupun pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan terkait jumlah perusahaan peserta yang terdaftar di Kantor Cabang BPJS Meulaboh hingga per Juli 2016 adalah sebanyak 1.967 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja aktif 22.955 pekerja.

Terhadap pembayaran permintaan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) telah disalurkan senilai Rp9,62 milyar, kemudian Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Rp462,4 juta dan Jaminan Kematian kepada pekerja atau ahli waris (JKm) senilai Rp717 juta.

"Hal ini menunjukan komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam menjamin kesejahteraan pekerja dapat dilaksanakan dengan baik di Kantor Cabang Meulaboh. Kami berharap kerjasama yang baik ini terus ditingkatkan,"imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah total kepesertaan dari Kantor Cabang Meulaboh tersebut terakumulasi secara keselutuhan dengan Kantor Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) sebanyak 692.178 tenaga kerja PU aktif dari 30.754 perusahaan aktif dan 50.280 orang pekerja BPU.

Sementara secara nasional jumlah akumulasi keseluruhan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan aktif di Indonesia per 31 Juli 2016 adalah 19,92 juta pekerja dari 347.285 perusahaan aktif terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan.

Naufal berharap dukungan penuh pemerintah daerah wilayah kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh dalam implementasi pelaksanaan jaminan sosial bidang ketenagakerjaan sehingga terpenuhinya hak semua pekerja.

"Semua pihak memiliki perannya masing-masing yang tentunya vital bagi pelaksanaan perlindungan dan pelayanan kepada peserta, oleh karenanya kerjasama harus terus dijalin dengan sangat baik," pungkasnya.

Kunjungan kerja Direktur Umum dan SDM ini didampingi Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumabagut Edy Syahrial serta jajaran kantor cabang, turut hadir Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah, Kapolres Aceh Barat, Dandim 0105 Aceh Barat, Kajari, pimpinan perusahaan, perbankan dan sejumlah warga peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pada peresmian gadung Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Meulaboh ini ditandai dengan pemberian santunan dan penghargaan kepada peserta aktif, kemudian dilanjutkan penadatanganan prasasti serta pemotongan tali pita.(ANT)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini