Kemenhub akan bangun infrastruktur di Aceh Selatan

Kementerian Perhubungan akan membangun infrastruktur pelabuhan laut, udara dan terminal angkutan darat di Kabupaten Aceh Selatan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan barat selatan Provinsi Aceh.

Kabag Pembangunan Setdakab Aceh Selatan, Mukhsin kepada wartawan di Tapaktuan, Senin mengatakan, tim dari Kemenhub yang dipimpin Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Rosita, Sabtu (20/8) datang ke Kabupaten Aceh Selatan untuk meninjau langsung beberapa lokasi rencana pembangunan proyek sumber APBN.

Beberapa lokasi yang ditinjau tersebut adalah Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji, Pelabuhan Rakyat Pasie Meukek, terminal angkutan penumpang Tipe B Tapaktuan dan Bandar Udara T Cut Ali di Kecamatan Pasie Raja.

Ia menyebutkan, kunjungan tim dari Kemenhub ke beberapa lokasi moda transportasi angkutan laut, darat dan udara dalam wilayah Aceh Selatan tersebut, sebagai bagian dari tindaklanjut usulan program yang diajukan oleh Bupati Aceh Selatan pada tahun 2015.

"Proposal peningkatan pembangunan proyek-proyek tersebut telah diajukan oleh Bupati sejak tahun 2015, dengan telah diturunkannya tim untuk meninjau langsung lokasi proyek dimaksud, maka hampir dapat dipastikan bahwa kebutuhan anggaran untuk pembangunan proyek tersebut akan direalisasikan oleh pihak Kementerian Perhubungan melalui sumber APBN dalam waktu dekat ini," kata Muhksin.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah anggaran yang akan dikucurkan pihak Kementerian Perhubungan melalui sumber dana APBN tahun 2017 untuk pembangunan proyek-proyek tersebut karena belum ada penetapan DIPA.

Namun berdasarkan usulan program yang diajukan oleh Pemkab Aceh Selatan jumlah kebutuhan anggaran untuk peningkatan pembangunan Pelabuhan Labuhanhaji, Pelabuhan Rakyat Pasie Meukek, Terminal Tipe B Tapaktuan dan Bandar Udara T Cut Ali tersebut mencapai ratusan miliar rupiah.

Mukhsin mengatakan, dari hasil kunjungan tersebut tim dari Kementerian Perhubungan menunjukkan respon yang positif karena mereka menilai beberapa lokasi tersebut semuanya merupakan fasilitas infrastruktur yang membutuhkan peningkatan pembangunan untuk menunjang perekonomian rakyat dan kemajuan pembangunan daerah.

"Respon sangat menonjol ditunjukkan oleh tim Kementerian Perhubungan saat meninjau Bandar Udara T Cut Ali di Kecamatan Pasie Raja. Sebab menurut mereka bandara tersebut sudah selayaknya ditingkatkan lagi pembangunannya sehingga bisa mendarat pesawat berbadan besar sejenis Wing Air," ujar Mukhsin mengutip keterangan tim dari Kementerian Perhubungan.

Untuk mempercepat realisasi program tersebut, sambung Mukhsin, pihak Kementerian Perhubungan telah meminta kepada Pemkab Aceh Selatan agar segera melengkapi beberapa persyaratan yang belum lengkap.

"Jika seluruh persyaratan yang dibutuhkan tersebut telah lengkap, kemungkinan besar proyek tersebut akan diluncurkan secara bertahap sejak tahun 2017," kata Mukhsin. (ANT)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini