Pacuan Kuda "Berpacu membangun Negeri" Takengon 22-28 Agustus 2016

Salah satu atraksi wisata unggulan di Dataran Tinggi Gayo yang menarik minat wisatawan, yakni perlombaan pacu kuda tradisional yang akan dilaksanakan 22-28 Agustus 2016 di Lapangan H. M. Hasan Gayo Belang Bebangka, Kabupaten Aceh Tengah.

Perlombaan pacu kuda yang mengangkat tema "Berpacu Membangun Negeri" diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Illahi atas keberhasilan musim panen padi dan hasil kebun lainnya.

Seperti kita ketahui, atraksi wisata pacu kuda tradisional ini adalah bentuk dari sebuah tradisi budaya turun temurun masyarakat suku Gayo, yang uniknya para joki cilil ini berpacu tanpa menggunakan pelana kuda.

Kegiatan pacu kude dalam bahasa Gayo tersebut akan diikuti oleh 3 (tiga) kabupaten, yakni Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues yang memiliki persamaan adat, suku, budaya dan alam.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh sangat mendukung Perlombaan Pacu Kuda Tradisional sebagai salah satu atraksi wisata unggulan Aceh dan nasional yang terangkum dalam Calendar of Event.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi berharap atraksi wisata pacu kuda tradisional tidak hanya dapat mempromosikan dataran tinggi Gayo, tapi juga untuk melestarikan seni budaya. "Atraksi wisata pacu kuda memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata alam di Gayo dan ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Namun, adanya even ini kita berharap dapat juga menjadi media efektif dalam upaya memelihara, melestarikan dan mempromosikan nilai-nilai seni budaya Gayo kepada wisatawan," harapnya.

#pesonaaceh #thelightofaceh #cahayaaceh #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #promotion #event #acehhalaltourism #halaldestination #halalaward2016 #halalvote by Disbudpar Aceh.

Dengan semangat kebersamaan dan spirit Rahmatan lil 'Alamin, mari kita dukung bersama untuk mewujudkan Pesona Cahaya Aceh menjadi The World's Best Halal Cultural Destination 2016. Serta vote Aceh dalam kompetisi wisata halal nasional hingga 7 September mendatang.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini