Pagi Ditertibkan, Siang Muncul Lagi


LHOKSEUMAWE - Anggota Satpol PP bersama pegawai Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Lhokseumawe, Selasa (9/8) sekitar pukul 10.00 WIB menertibkan pengemis yang beraktivitas pada sejumlah persimpangan, swalayan, dan SPBU di kota itu.

Petugas Satpol PP merazia pengemis yang salama ini sering mangkal di pusat kota dan Simpang Empat Lhokseumawe, Selasa (9/8/2016). SERAMBI/ZAKI MUBARAK 

Tapi, menurut pantauan Serambi, pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB atau beberapa jam setelah penertiban, pengemis muncul lagi. Seperti di Simpang Empat, mereka tetap meminta-minta kepada pengguna jalan.
Kasatpol PP dan WH Lhokseumawe, Irsyadi menjelaskan, dalam penertiban itu pihaknya berhasil mengamankan 22 pengemis yang terdiri atas orang dewasa dan anak-anak.
Dari jumlah itu, delapan orang berasal dari Aceh Utara, dua anak-anak asal Aceh Timur, satu orang dari Aceh Selatan, dan selebihnya dari Lhokseumawe.
Terhadap dua pengemis yang berumur 10 dan 16 tahun, Irsyadi mengatakan, setelah ditangkap, mereka langsung diantar ke panti asuhan di Desa Blang Weu Panjoe, Desa Blang Mangat, Lhokseumawe. Untuk pengemis yang berasal dari Aceh Utara, lanjutnya, setelah ditangkap diserahkan ke Dinas Sosial setempat.
Sementara pria asal Aceh Selatan, tambah Irsyadi, dikembalikan ke tempat temannya di Desa Blang Pulo, Lhokseumawe. “Sedangkan pengemis yang berasal dari Lhokseumawe, mereka langsung kita antar ke rumah masing-masing,” ungkapnya.
Irsyadi juga mengatakan, sebelum dikembalikan ke tempat asalnya, pengemis yang ditangkap itu sudah diberi arahan agar tidak mengemis lagi di wilayah Lhokseumawe. “Mereka juga kita haruskan meneken surat perjanjian tidak mengemis lagi di Lhokseumawe,” ungkapnya.
Ditanya tanggapan soal fenomena pengemis yang muncul lagi setelah beberapa jam ditangkap, Irsyadi mengatakan, kemungkinan yang muncul lagi itu adalah pengemis lain, bukan pengemis yang ditangkap pihaknya pada hari yang sama. Pun demikian, ia memastikan razia itu akan terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan.(bah)




aceh.tribunnews
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini