Taman Teknologi Pertanian Jantho Panen Jamur Merang

Pengelola Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kota Jantho, Aceh Besar, Senin (1/8) pagi melakukan panen perdana jamur merang yang merupakan salah satu core business (bisnis utama) dari kegiatan pemberdayaan masyarakat tani di wilayah itu yang dirancang untuk saat ini hingga tiga tahun ke depan.
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, Ir Basri A Bakar MSi menyaksikan jamur merang yang baru dipanen di Jantho, Aceh Besar, Senin (1/8). 

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, Ir Basri A Bakar MSi menyebutkan, hasil panen hari pertama dari kumbung TTP Jantho yang berukuran 5 x 6 meter berjumlah 20 kg. Ia perkirakan hasilnya bisa mencapai 70 kg hingga panen terakhir beberapa hari ke depan. Hasil panen tersebut langsung dibagi-bagikan kepada pengunjung yang hadir sebagai oleh-oleh dari TTP Jantho.
Menurutnya, waktu yang dibutuhkan sejak penaburan benih hinggapanen sekitar 14 hari. “Kita sangat puas dengan hasil panen hari pertama. Ini menunjukkan budidaya jamur merang sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan jerami hasil panen padi,” ujarnya.
Basri menyebutkan, salah satu faktor keberhasilan budidaya jamur merang adalah bibit yang dipesan dari Kerawang, Jawa Barat, tergolong bagus dengan daya tumbuhnys masih tinggi.
Selama ini pembudidaya jamur merang Aceh memesan bibit ke Pulau Jawa umumnya dalam keadaan tidak bagus lagi karena lama dalam perjalanan menggunakan jasa angkutan darat. Ke depan ia berharap, TTP Kota Jantho mampu menyediakan bibit jamur merang untuk daerah Aceh.
Sebelumnya BPTP Aceh telah melakukan pelatihan budidaya jamur merang yang diikuti 40 peserta yang umumnya dari kalangan pemuda dan wanita, termasuk dari KNPI.
Hadir dalam panen perdana itu Kepala BPTP Aceh Ir Basri A Bakar MSi, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh Besar Hasballah, Komandan Yonkav 11 Joni, Kepala Dinas Perindagkop Aceh Besar Taufik SH, Koordinator BPP Kota Jantho, para penyuluh, dan mahasiswa Universitas Al Muslim, Peusangan yang sedang kuliah kerja nyata (KKN) di Jantho.

sumber aceh.tribunnews
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini