Pemerintah Aceh Berambisi Tahun Depan Bebas Pemadaman Listrik

Pemerintah Provinsi Aceh menargetkan pada tahun depan tidak ada lagi defisit listrik. Adapun, saat ini PLTU Nagan Raya menguji coba pembakaran campuran batu bara asal Kalimantan dan hasil penambangan lokal PT Mifa. Kapasitas pasokan listrik mencapai 2 x 110 MW.

Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf menyebutkan dengan operasional penuh PLTU Nagan Raya, maka Aceh akan memiliki kelebihan pasokan 100 MW. Surplus pasokan tersebut selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan investasi.

"Oleh karena itu, kami berharap tidak ada yang mengganggu produktivitas dan operasional PLTU Nagan Raya. Selain itu, teknologi yang lebih baik juga harus diterapkan untuk meminimalisasi dampak gangguan cuaca dan faktor alam lainnya," ucap Muzakir dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (7/9/2016).

Saat ini beberapa pembangkit listrik yang ada di Aceh yakni PLTU Nagan Raya 2 x 110 MW, PLTD Lueng Bata 32 MW, PLTD Pulo Pisang-Sigli 11 MW, Cot Trueng 12 MW dan PLTMG Arun 184 MW.

Adapun, cadangan energi 100 MW tersebut dapat digunakan untuk mengantisipasi kekurangan baik di Aceh maupun di Sumut. Berdasarkan rencana pembangunan, pada 2017-2021, di Aceh akan dibangun sejumlah pembangkit listrik yang akan menambah pasokan 790 MW.

Manager PLTU Nagan Raya Andi Makkasau menjelaskan, sejak beroperasi, PLTU tersebut mendapatkan pasokan batubara dari Kalimantan. Distribusi dilakukan menggunakan kapal tongkang. Batu bara Kalimantan dipilih karena nilai kalori sesuai standar, berbeda dengan batu bara asal Aceh yang nilai kalorinya rendah.

"PLTU Nagan Raya mendistribusikan listrik ke Sigli, Banda Aceh, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Idi, Langsa, Tualang Cut, Pangkalan Susu, Medan, dan Meulaboh. Selanjutnya, kami berencana memasok ke Subulussalam," ucapnya.

Sumber : Bisnis.com
Pewarta: Febriany Dian Aritya Putri
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini