Antisipasi Gesekan di Pilkada Aceh, Pangdam Iskandar Muda Petakan Kerawanan


Jakarta - Pangdam Iskandar Muda Mayjen Tatang Sulaiman mulai memetakan keamanan di wilayahnya. Ini untuk mengantisipasi ancaman atau potensi kerawanan jelang Pilkada serentak 2017 nanti.

"Saya dapat perintah dari Panglima TNI salah satu tugasnya adalah bagaimana kita memenangkan keamanan. Memenangkan keamanan kan berarti membuat nyaman masyarakat di dalam pesta Pilkada," ungkap Tatang.

Hal tersebut disampaikannya usai acara pisah sambut Kapuspen TNI di Eksekutif Halim Persada Club, Jakarta Timur, Selasa (11/10/2016) malam. Tatang yang baru melepas jabatannya sebagai Kapuspen TNI itu ingin membuat Aceh tetap kondusif selama proses pilkada berlangsung bekerja sama dengan Polri.

"Agar tidak ada kekhawatiran, kerisauan, tidak ada gangguan. TNI bekerja sama dengan Polisi untuk menciptakan itu. Jadi semua calon merasakan situasi yang kondusif sehingga mereka akan tenang," sebutnya.

Tatang sudah meminta jajaran di Kodam Iskandar Muda melakukan pemantauan secara intensif. Harapannya adalah agar potensi gangguan keamanan saat pilkada bisa dicegah sedini mungkin.

"Sementara ini kita terus memantau, memetakan tingkat kerawanan itu. Kerawanan paling berpotensi terjadi adalah antar pendukung. Itu jangan sampai terjadi clash, kita akan petakan. Dari situ kita akan antisipasi," jelas Tatang.

Jenderal bintang dua ini yakin Pilkada di daerahnya akan berlangsung dengan baik. Tatang juga sudah menyiapkan satuan-satuan prajurit guna memastikan keamanan, termasuk melalui penyuluhan oleh babinsa bagi warga setempat.

"Ada waktu beberapa bulan ke depan, itu yang kita petakan situasi daerah. Kita akan mengambil langkah-langkah bagaimana menyiapkan satuan agar kalau ada terjadi sesuatu kita akan cepat tanggap," ucap dia.

Meski baru dilantik sebagai Pangdam Iskandar Muda menggantikan Mayjen Luczisman Rudy, Tatang tak khawatir jajarannya akan tertinggal dari daerah lain. Pembinaan menjadi salah satu upaya yang terus menerus telah dilakukan oleh Kodam Iskandar Muda.

"Syukur kalau kita dari awal bisa mengetahui atau memetakan. Dengan penyuluhan. Imbauan lah intinya, bahwa ini pesta. Pesta tidak seharusnya ribut-ribut. Jelas (babinsa dilibatkan), karena babinsa kan ada semua di daerah-daerah," terang Tatang.

Sementara itu Kapuspen TNI yang baru saja dilantik, Brigjen Wuryanto menekankan akan netralitas prajurit dalam pilkada. Ini sesuai dengan perintah tegas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"TNI itu netral, itu tidak tawar menawar. Kita akan laksanakan penjelasan-penjelasan semua," tegas Wuryanto di lokasi yang sama.

(Detik.com)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini