Mahasiswa Politeknik Aceh Bangun Telepon Gratis Untuk Rakyat



Banda Aceh - Mahasiswa dari Politeknik Aceh, Pango berhasil membangun sebuah telepon rakyat yang bisa digunakan tanpa pulsa dengan nomor teleponnya dapat direquest sesuai keinginan penelepon. karya yang dinamakan telepon Rakyat ini dipamerkan di Pameran Pembangunan dan Piasan Seni banda Aceh 2016, tepatnya di Stand BPM Kota Banda Aceh.

Muhammad Alfi, mahasiswa Politeknik Aceh yang membangun Telepon Rakyat ini mengatakan Telepon Rakyat adalah penyedia layanan gratis untuk voice over internet protocol atau VoIP jaringan komunikasi berbasis IP. 
"Alat ini dibangun menggunakan raspberry pi atau komputer mini sebagai central teleponnya atau sebagai server dari telepon rakyat sendiri," ujar Alfi sambil menmperlihatkan karyanya, saat ditemui Selasa (4/10/2016) di Stand BPM Kota Banda Aceh. 

Lanjutnya, dalam bahasa yang sederhana, VoIP adalah teknik untuk bertelepon di atas jaringan Internet, teknologi yang di kembangkan memungkinkan untuk membangun sentral telepon sendiri hingga pesawat telepon-nya. Teknologi VoIP menjadi dasar dari Next Generation Network (NGN) maupun jaringan selular 4G yang di gunakan oleh operator telekomunikasi masa datang.

Kata Alfi, Teknik VoIP juga diadopsi oleh rekan-rekan Amatir Radio (ORARI) untuk menggunakan Internet sebagai relay jarak jauh. Teknik VoIP di Amatir Radio di kenal sebagai eQSO.

"Material disini ini akan lebih fokus pada hal-hal yang gratis dan tanpa perlu ijin. Jadi bagi anda yang mengoperasi Internet telepon menggunakan ilmu yang di peroleh dari sini tidak perlu takut melanggar hukum, terutama jika ini dilakukan untuk keperluan pribadi atau kantor saja. Tentunya dengan teknik yang ada disini, anda juga dapat dengan mudah membangun jasa Internet Telepon yang sifatnya komersial," tambahnya.

"VoIP cikal bakal menjadi telkom rakyat, sehingga alat ini dapat digunakan oleh rakyat tanpa mengeluarkan biaya apapun untuk komunikasi," ujarnya.

Untuk membangun sebuah central telepon rakyat, tidak perlu banyak menghabiskan biaya, Alfi dibantu temannya Zaid haritsah yang juga mahasiswa Politeknik menggunakan komputer mini yang sering di sebut Raspi, dan menggunakan beberapa aplikasi Open source sebagai pendukung nya. 

Manfaat telepon rakyat ini, masyarakat dapat berkomunikasi satu sama lain telepon tanpa batas waktu. Uniknya lagi, siapapun  bisa merequest nomornya sendiri sebagai nomor telepon, bisa nomor cantik seperti tahun lahir dan nomor lainnya.

Anda penasaran, silakan kunjungi Stand BPM Kota Banda Aceh dan mencoba karya asli Aneuk Banda Aceh ini.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini