HIMAKA Unsyiah Gelar Pekan Ilmiah Akuntansi XIX bertaraf Internasional




Banda Aceh – Dalam minggu ini tepatnya dari tanggal 14-19 November 2016, mahasiswa dan mahasiswi dapat menambah pengetahuan serta mengasah potensi diri dengan mengikuti berbagai rangkaian acara serta kompetisi di Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) XIX yang diadakan pada tanggal 14 s.d 19 November 2016 oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh.

Adapun rangkaian Acaranya adalah sebagai berikut:
Seminar Internasional
Lomba Cepat tepat dan Lomba berhitung Akuntansi dan Perpajakan
Accounting Cycle Competition
Pelatihan Pasar Modal
Accounting Software Training
Expo
Reuni IAA FEB


PIA XIX adalah acara tahunan dan Program Kerja terbesar dari HIMAKA yang bertaraf nasional dan pada tahun 2016 ini PIA XIX berhasil dilaksanakan dengan bertaraf Internasional, hal ini dikarenakan pada rangkaian acara pertama PIA XIXI mengadakan Seminar Internasional dengan tema “Strengthening The Role of Sharia Accounting As The Response of Global Economic Issues” dan Himaka berhasil menghadirkan pemateri yang berkompeten di bidangnya seperti Prof. Dr.Abdul Rahim Abdul Rahman sebagai International Sharia Reasearch Academy in Islamic Finance yang berasal dari Negara tetangga Malaysia, Dr. Adiwarman A.Karim, MBA.,MAZP sebagai Konsultan Sharia Indonesia, Dewan Syariah MUA, Haizir Sulaiman sebagai Direktur Syariah dan SDM Bank Aceh, Dr.M.Shabri Abd.Majid, M.EC sebagai Dosen Senior FEB Universitas Syiah Kuala dan Dr. Muhammad Arfan, S.E., M.Si., Ak Sebagai Dosen Senior FEB Unsyiah.
    
Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fabilitas mahasiswa maupun siswa SMA sederajat. Setiap tahunnya PIA selalu mengangkat tema yang berbeda dari isu terhangat. Tahun ini PIA mengangakat tema “Islamic Finance for Sustainable Development” ungkap A.H.Haikal Farazil selaku Ketua Panitia Pelaksana PIA XIX (14/11/2016)..


     
Adapun rangkaian acara yang di laksanakan pada pertengahan November 2016 ini turut mengundang narasumber-narasumber yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Pada acara Pelatihan Pasar Modal  juga turut mengundang Tasrif Murhadi, S.E. dan Perwakilan dari MNC Securities
     
Berbagai lomba juga diadakan dalam meriahnya acara PIA XVII , yaitu Lomba Accounting Cycle Untuk Mahasiswa  dan Stock Lab Competition dalam rangkaian acara Pelatihan Pasar Modal yang memacu kreativitas serta kemampuan analisis mahasiswa, terdapat juga Accounting Software Training yang bertujuan untuk meningkatkan hardskill peserta dalam penyusunan laporan berbasis software Akuntansi serta mengundang pemateri profesional dan berkualitas di bidangnya yaitu Hadi Muttaqin, S.E Beliau adalah Master Trainer Accurate Accounting, Asesor Kompetensi BNSP, Professional Consultant MYOB Asia.
     
Mahasiswa yang mempunyai usaha juga dapat membuka Stand pada Expo PIA XIX yang memasarkan produk-produk lokal yang berkualitas dan bermutu.
Pada PIA  XIX kali ini kami juga mengadakan acara baru yaitu Reuni IAA FEB Unsyiah yang mengundang alumni-alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala yang bertema ”Let’s Reunite Gala Dinner and Inauguration of IAA FEB Unsyiah. Acara ini akan dilaksanakan Pelantikan Ikatan Alumni Akuntansi (IAA) FEB Unsyiah.

“Acara  PIA sudah kita Laksanakan 19 kali secara berturut-turut tanpa terputus, ini menjadi bukti konsistensi mahasiswa akuntansi dalam membangun citra dan penerapan akuntansi di Masyarakat. Dan harapannya kepada para Pimpinan Pemerintah Aceh juga Pimpinan Universitas untuk lebih memperhatikan bidang Akuntansi guna membangun akuntabilitas pada pengelolalaan keuangan daerah secara umumnya” Imbuh Agung M. Arighi sebagai Demisioner Himaka
“Semoga dengan diselenggarakanacara PIA XIX 2016 Masyarakat dan genesrasi muda Aceh dapat mengaplikasikan system dalam kehidupan sehari-hari” imbuh Fata Imanda sebagai Sekretaris Panitia PIA XIX.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini